Muktamar NU ke-34, PW NU Jatim Dukung Yahya Cholil Tsaquf Calon Ketum PB NU

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 13 Oktober 2021
0 dilihat
Muktamar NU ke-34, PW NU Jatim Dukung Yahya Cholil Tsaquf Calon Ketum PB NU
Ketua PW NU Jatim KH Marzuki Mustamar. Foto: Ist.

" Dipimpin para pengurus NU Jatim, kegiatan tersebut membahas regenerasi kader-kader NU dan persiapan Muktamar ke-34 NU di Lampung, pada 23-25 Desember mendatang. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 41 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Timur berkumpul di kantor Pengurus Wilayah NU Jatim di Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, pada Selasa (12/10/2021) sore.

Dipimpin para pengurus NU Jatim, kegiatan tersebut membahas regenerasi kader-kader NU dan persiapan Muktamar ke-34 NU di Lampung, pada 23-25 Desember mendatang.

KH Anwar Manshur, Rais Syuriyah PWNU Jatim, dan KH Marzuki Mustamar, Ketua Tanfidziyah NU Jatim, hadir memimpin rapat koordinasi.

Terlihat pula KH Anwar Iskandar, Wakil Rais NU Jatim, Katib PWNU Jatim KH Syafrudim Syarif, dan Wakil Katib Gus Kautsar.

KH Anwar Iskandar, Wakil Rais PWNU Jawa Timur mengatakan, kegiatan itu didasarkan atas pertimbangan regenerasi kader-kader NU untuk menempati posisi strategis pada struktur tanfidziyah.

Baca juga: Blacklist Menanti PT SSMA Jika Pengaspalan Tidak Sesuai Target Kesepakatan

Baca juga: JMSI Bengkulu Akhiri Verfak Organisasi Perusahaan Pers dari Dewan Pers

“NU membutuhkan regenerasi di jajaran pengurus tanfidziyah. Kita memiliki kader-kader NU yang sangat potensial untuk menempati posisi strategis pada struktur tanfidziyah,” katanya.

Selain itu, rapat kali ini untuk memperjuangkan keputusan organisasi untuk tetap dalam satu barisan dalam memperjuangkan kepemimpinan dan program di Muktamar ke-34 NU.

“Diantaranya usulan pemilihan ketua tanfidziyah di semua tingkatan menggunakan sistem Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA). Kami tetap memperjuangkan usulan ini,” ungkapnya.

Atas pertimbangan tersebut, maka pertemuan ini menghasilkan beberapa kesepakatan, di antaranya terkait mengusung KH Yahya Cholil Tsaquf sebagai calon Ketua Umum PBNU mendatang dan terkait anggota AHWA.

“Beberapa PCNU di Jawa Timur mohon ridho dan izin dari para Masyayikh PWNU Jawa Timur khususnya Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, KH Anwar Manshur, untuk memperjuangkan KH Yahya Cholil Tsaquf sebagai calon Ketua Umum PBNU masa Khidmat 2022-2027,” terang Pengasuh Pesantren Al Amien Kota Kediri itu.

Di samping itu, dalam Muktamar ke-34 mendatang, PWNU Jawa Timur memohon kepada beberapa masayikh untuk bersedia menjadi anggota AHWA.

“Dengan hormat kami mohon kesediaan KH Anwar Manshur, KH Nurul Huda Jazuli, KH Fuad Hasan, dan KH Miftachul Akhyar untuk menjadi anggota AHWA pada Muktamar ke-34 NU mendatang,” ujarnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga