Bupati Butur Serahkan Rancangan KUA PPAS Tahun Anggaran 2022

Aris, telisik indonesia
Sabtu, 06 November 2021
0 dilihat
Bupati Butur Serahkan Rancangan KUA PPAS Tahun Anggaran 2022
Bupati Butur Ridwan Zakariah (kanan) saat menyerahkan Rancangan KUA dan PPAS Kabupaten Butur Tahun Anggaran 2022 Kepada Ketua DPRD Butur Diwan. Foto: Ist.

" dalam rangka penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diperlukan kebijakan umum APBD dan PPAS yang disepakati bersama antara DPRD dan Pemerintah Daerah (Pemda) "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Bupati Buton Utara (Butur) Dr. H. Muhammad Ridwan Zakariah, M.Si. menyerahkan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) Kabupaten Butur Tahun Anggaran 2022 Kepada Ketua DPRD Butur Diwan, S.Pd.

Penyerahan rancangan KUA dan PPAS berlangsung di ruang sidang paripurna DPRD Butur, Jumat (5/11/2021).

Dalam sambutannya Bupati Butur, Ridwan Zakariah mengatakan, dalam rangka penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diperlukan kebijakan umum APBD dan PPAS yang disepakati bersama antara DPRD dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Lanjut Ridwan, Pemda telah menyusun rancangan KUA dan PPAS Tahun 2022 dan diharapkan rancangan ini dapat dibahas bersama dengan DPRD yang nantinya akan menghasilkan kesepakatan sesuai dengan kebutuhan pembangunan untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Butur.

"Serta diharapkan dapat menjawab berbagai masalah dan tantangan dalam pelaksanaan pembangunan di daerah yang saat ini kita masih menghadapi wabah COVID-19 yang melanda seluruh daerah termasuk Kabupaten Butur," ujar Doktor Universitas Negeri Jakarta ini.

Ridwan menambahkan, KUA dan PPAS tahun 2022 memuat substansi, target pencapaian kinerja dari program-program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemda untuk setiap urusan yang disertai dengan proyeksi pendapatan, belanja pembiayaan daerah.

Lebih lanjut Ridwan menjelaskan, KUA dan PPAS Tahun anggaran 2022 disusun dengan mempedomani RKPD Kabupaten Butur Tahun Anggaran 2022 dengan tema peningkatan kualitas infrastruktur dan Sumber Daya Manusia untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Bupati Butur Harap Tidak Ada Lagi Warga Lakukan Aktivitas di Hutan Secara Ilegal

Baca Juga: BNNP Sultra Monitoring Informasi dan Edukasi P4GN BNNK Muna

Kata Ridwan, pada pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Butur, terdapat beberapa permasalahan yang membutuhkan solusi, di antaranya meningkatkan infrastruktur dan konektifitas wilayah, meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan pendidikan, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan perekonomian masyarakat yang akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah.

Untuk mewujudkan semua itu, lanjut Politisi Partai Amanat Nasional ini, maka ditetapkan fokus program prioritas pembangunan, mulai dari pemerataan pembangunan wilayah melalui peningkatan infrastruktur dasar, meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia melalui peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kaulitas, dan mutu pelayanan kesehatan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui dukungan pengembangan sektor pertanian, perikanan, industri perdagangan serta UMKM.

"Saya mengajak semua untuk ikut dan berkontribusi dan memperkuat sinergisitas guna mewujudkan Butur yang maju, adil dan sejahterah melalui penyempurnaan rancangan KUA PPAS yang kami sampaikan ini, yang akan menjadi dasar penyusunan APBD Kabupaten Butur Tahun Anggaran 2022," tambahnya.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Butur ini berharap rancangan KUA PPAS tahun 2022 dapat dibahas dan menjadi kesepakatan bersama dalam bentuk nota kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur dengan DPRD Butur. (C-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga