Kelas 6 SD dan 9 SMP di Kendari Prioritas Diusul Belajar Tatap Muka

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 23 Januari 2021
0 dilihat
Kelas 6 SD dan 9 SMP di Kendari Prioritas Diusul Belajar Tatap Muka
Sejumlah siswa ikuti belajar tata muka. Foto: Repro mediaindonesia.com

" Mereka akan menghadapi ujian nasional, jadi kita usulkan ke pemerintah agar kelas 6 dan 9 ini bisa belajar tatap muka, minimal dua atau tiga bulan sebelum ujian nasional. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kendari bakal memprioritaskan kelas 6 SD dan kelas 9 SMP untuk bisa belajar tatap muka.

Kepala Dikmudora Kendari, Makmur, S.Pd, M.Pd mengatakan, untuk rencana awal pihaknya bakal mengusulkan kelas 6 dan 9 untuk melaksanakan belajar tatap muka.

Pasalnya, kata dia, siswa yang saat ini duduk di bangku kelas 6 dan 9 belum pernah sama sekali belajar tatap muka langsung di sekolah selama pandemi COVID -19. Padahal tidak lama lagi mereka akan pindah jenjang pendidikan, yang kelas 6 SD akan naik ke SMP dan yang kelas 9 SMP naik ke jenjang SMA.

"Mereka akan menghadapi ujian nasional, jadi kita usulkan ke pemerintah agar kelas 6 dan 9 ini bisa belajar tatap muka, minimal dua atau tiga bulan sebelum ujian nasional," katanya kepada Telisik.id saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/1/2020).

Jika diizinkan belajar tatap muka, lanjut Makmur, maka siswa-siswa tersebut akan dibekali bagaimana menyelesaikan soal-soal ujian sekolah dan nasional nantinya.

Baca juga: Nadiem Tunda Pelaksanaan Asesmen Nasional hingga September 2021

"Dalam waktu singkat itu kita akan bekali bagaimana menyelesaikan soal-soal ujian dan sebagainya," lanjutnya.

Untuk saat ini, ia menambahkan, pihaknya sedang melakukan pendataan sekolah-sekolah terkait bagaimana persiapannya jika usulan belajar tatap muka bagi kelas 6 dan 9 diterima.

"Kita sementara siapkan data sekolah bagaimana kesiapan, skenario belajar, dan persiapan guru-guru serta protokol kesehatan sebelum kita ajukan permohonan ke pemerintah," tambahnya.

Hal ini dilakukan berdasarkan banyak pertimbangan, muali dari permintaan orang tua siswa dan para guru yang mengingatkan bahwa siswa kelas 6 dan 9 ini sudah mau pindah jenjang pendidikan tapi belum salam sekali belajar tatap muka di sekolah. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga