Kemendagri Gelar Lomba Inovasi Daerah New Normal Live, Konsel Siap Bersaing

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Jumat, 29 Mei 2020
0 dilihat
Kemendagri Gelar Lomba Inovasi Daerah New Normal Live, Konsel Siap Bersaing
Wakil Bupati Konsel, Dr. H. Arsalim Arifin, SE,. M.Si saat mengikuti arahan Mendagri melalui vikon di kantor Bupati Konawe Selatan. Foto: Ist.

" Kita punya pengalaman jadi salah satu yang terbaik dalam Anugerah Budhi Praja yang digelar Kemenristek tahun lalu. Levelnya sama, jadi kita pastikan kita siap. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pemda Konawe Selatan (Konsel) siap bersaing dalam Lomba Inovasi Daerah "New Normal Live" yang akan digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Lomba Inovasi Daerah dengan tema "Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19" akan digelar dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan normal baru produktif dan aman COVID-19.

Selain itu, Lomba Inovasi Daerah dilatarbelakangi oleh situasi di mana COVID-19 telah mengubah tatanan sosial dan ekonomi diseluruh dunia termasuk Indonesia.

Wakil Bupati (Wabup) Konsel, Dr. H. Arsalim Arifin, SE., M.Si, mengatakan, Pemda Konsel siap mengikuti kegiatan lomba inovasi daerah yang akan digelar Kemendagri dan bersaing dengan ratusan kabupaten lain yang ada di Indonesia.

"Kita punya pengalaman jadi salah satu yang terbaik dalam Anugerah Budhi Praja yang digelar Kemenristek tahun lalu. Levelnya sama, jadi kita pastikan kita siap," kata Arsalim, saat mengikuti arahan Kemendagri melalui vikon di kantor Bupati Konsel, Jumat (29/5/2020).

Baca juga: Dr Azhari Lantik Pejabat Struktural di Lingkup USN Kolaka

Arsalim memaparkan, ada tujuh sektor utama yang menjadi parameter penilaian dalam lomba tersebut, yakni pasar tradisional C-19, pasar modern C-19, restoran C-19, hotel C-19, perizinan dan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) C-19, tempat wisata C-19, dan transportasi umum C-19.

Sementara itu, tim penilai dalam lomba inovasi daerah, terdiri dari Tim Kemendagri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata, dan Gugus Tugas COVID-19.

Setelah tahapan sosialisasi bulan Mei, tahapan pengiriman inovasi akan dibuka pada tanggal 1-8 Juni 2020, tahapan penilaian pada tanggal 9-12 Juni 2020, dan pengumuman pemenang pada tanggal 15 Juni 2020.

"Kita segera bentuk tim kreatif untuk mendapatkan konsep yang inovatif dan penuh kreasi sesuai dengan sektor dan kriteria yang dilombakan," pungkasnya.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Sumarlin

Baca Juga