Kenalan Sama Nuget Ubi, Olahan Makanan Khas Kessilampe Kota Kendari

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juni 2023
0 dilihat
Kenalan Sama Nuget Ubi, Olahan Makanan Khas Kessilampe Kota Kendari
Nuget ubi, salah satu olahan khas warga Kelurahan Kessilampe, Kota Kendari. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Festival Kessilampe yang diadakan oleh masyarakat Kelurahan Kessilampe dan Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, berlangsung sejak Kamis (22/6/2023) hingga Minggu (25/6/2023) besok "

KENDARI, TELISIK.ID - Festival Kessilampe yang diadakan oleh masyarakat Kelurahan Kessilampe dan Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, berlangsung sejak Kamis (22/6/2023) hingga Minggu (25/6/2023) besok.

Festival itu mengahadirkan berbagai lomba seperti jalan santai, lomba mewarnai, karaoke, dan lomba memancing. Selain itu festival ini juga menghadirkan berbagai hiburan melalui live musik yang menghadirkan band-band lokal.

Festival yang bertempat di Jalan Poros Kendari-Toronipa ini juga menghadirkan berbagai tenant yang menjajakan makanan dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asli kelurahan Kessilampe dan produk-produk kerajinan dari ibu-ibu kelurahan ini.

Baca Juga: Nikmati Jajanan Teluk Kendari pada Festival Kessilampe

Salah satu produk yang diunggulkan oleh para pelaku UMKM ini adalah nuget ubi. Sesuai namanya, olahan yang berbahan dasar tepung dan ubi ini cocok dijadikan sebagai menu makanan diet bagi mereka yang sedang menghindari daging, sebagaimana yang dituturkan oleh Husnaini, pedagang nuget ubi ini.

"Rasanya hampir sama dengan nuget daging, walau ada perbedaan sedikit tapi ini cocok untuk yang lagi diet," tutur Husnaini, Sabtu (24/6/2023).

Nuget ubi sendiri jika dilihat sekilas sangat mirip dengan nuget pada umumnya, namun sebagaimana yang dituturkan Husnaini, Nuget ini memiliki rasa khas tersendiri.

Selain nuget ubi, berbagai produk UMKM lain juga dipamerkan di festival ini seperti stik keju, abon ikan, abon ayam, goreng pastel dan berbagai produk makanan lain.

Festival ini juga menghadirkan produk lain yang dijual seperti taplak meja dan gorden dari kain perca yang dibuat oleh masyarakat sekitar, sebagai mana yang disampaikan oleh Muttaqin Hidayat, salah satu panitia Festival Kessilampe.

Baca Juga: Kutukan Sembilan Setan, Film Horor Gagal yang Pantas Turun Layar

"Di sini juga ada yang jual taplak meja dan gorden yang kainnya dibuat dari kain perca bekas penjahit," ungkapnya sembari memperlihatkan kain-kain yang disebutkan.

Bertempat di pinggir Teluk Kendari, pengunjung festival ini juga dapat menikmati pemandangan laut, bahkan jika beruntung pengunjung bisa mendapati kapal fery melintas.

Festival Kessilampe sendiri akan ditutup Minggu (25/6/2023) besok dengan kegiatan jalan santai dan senam sehat sebagai kegiatan pembuka esok pagi. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga