Kepala BLK Kendari Monitoring 112 Siswa Pelatihan MTU di Busel

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 11 Februari 2022
0 dilihat
Kepala BLK Kendari Monitoring 112 Siswa Pelatihan MTU di Busel
Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu, saat monitoring siswa pelatihan MTU di Buton Selatan. Foto: Ist

" Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, La Ode Haji Polondu memonitoring siswa dalam menerima pelatihan di Kabupaten Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK. ID - Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, La Ode Haji Polondu memonitoring siswa dalam menerima pelatihan di Kabupaten Buton Selatan (Busel).

Giat monitoring tersebut diagendakan selama tiga hari sejak 10-12 Februari, dalam rangka memantau pelatihan Mobile Training Unit (MTU) di Busel sebanyak tujuh paket dengan jumlah siswa 112 orang yang terbagi di setiap paketnya 16 orang.

"Ini merupakan agenda rutin kami, untuk memastikan semua proses pelatihan berjalan dengan baik," ungkap Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu melalui sambungan telepon seluler, Jumat (11/2/2022).

Ia menjelaskan, dari hasil pantauan yang dilakukannya bersama rombongan, tidak ada kendala selama proses pelatihan yang telah berjalan sejak Rabu 26 Januari 2022 lalu. Siswa bahkan mengalami perubahan positif, baik dari segi keterampilan maupun sikap dan pengetahuannya.

"Alhamdulillah, pada tujuh kejuruan yang kita pantau, semua siswa menunjukan progres yang baik, dari dulunya tidak tahu sekarang menjadi tahu, dari dulunya kurang baik sekarang sudah menjadi baik," jelasnya.

Baca Juga: Kain Tenun Masalili Booming, Pelaku Usaha Berbagi Tips Pemasaran

Semua itu lanjut dia, sesuai dengan yang diharapkan, di mana para peserta pelatihan dapat menjadi angkatan kerja siap pakai yang kompeten dan berdaya saing tinggi.

"Yang mesti dipahami, BLK Kendari dalam memberikan pelatihan kepada para peserta, tidak hanya menekankan untuk penguasaan keterampilan saja, namun kedisiplinan, sikap dan perilaku juga di tuntut menjadi lebih baik sehingga kata kompeten yang disandang para peserta bukan sekedar kompeten saja namun memang karena paripurna dari segala aspek," paparnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) menyebutkan, untuk pelatihan MTU di Kabupaten Buton Selatan, merupakan pelatihan yang bekerjasama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (PERSERO) Cabang Baubau. Dimana, BLK Kendari menyiapkan instruktur dan segala hal yang dibutuhkan peserta selama proses pelatihan berlangsung.

Setelah usai pelatihan, lanjut dia, para peserta mendapatkan bantuan peralatan dari PT ASDP untuk menjadi modal para alumni pelatihan dalam berwirausaha mandiri.

Baca Juga: Ada Peningkatan COVID-19, Vaksinasi di Jatim Dipercepat

"Kerja sama ini sangat baik, karena para peserta pelatihan yang telah kami latih tidak akan tumpul keterampilannya, dapat mengembangkan terus ketrampilan yang diperoleh melalui pelatihan ini dan ini benar-benar sesuai harapan kami. Untuk itu, saya dan keluarga besar BLK Kendari mengucapkan terimakasih kepada PT ASDP atas kerjasama yang baik ini," tutupnya.

Diketahui, tujuh paket Pelatihan MTU yang di buka BLK Kendari di Kabupaten Buton Selatan pada 26 Januari 2022 lalu yaitu asisten pembuat pakaian, fitter struktur (las), tata rias kecantikan, pembudidayaan hidroponik, pembuatan roti dan kue, audio video, dan servis sepeda motor konvensional. (C-Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga