Ketua Bawaslu RI Buka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif di Kendari

Siswanto Azis, telisik indonesia
Senin, 13 September 2021
0 dilihat
Ketua Bawaslu RI Buka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif di Kendari
Ketua Bawaslu RI Abhan saat menyampaikan sambutannya pada SKPP Kota Kendari. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Abhan juga menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Kendari yang telah memberi dukungan ke Bawaslu atas sinergi yang telah terjalin dengan baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua Bawaslu RI, Abhan, membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar Tahun 2021 di Kota Kendari, Senin (13/9/2021).

Pada kegiatan yang digelar Bawaslu Kota Kendari ini, Abhan menjelaskan, pelaksanaan SKPP itu bertujuan untuk mencetak kader pengawas partisipatif yang punya integritas baik.

"Saya berharap alumni SKKP nantinya menjadi pionir di daerahnya masing-masing, memberi edukasi sehingga dapat mendorong partisipatif masyarakat,” katanya.

Partisipasi masyarakat dalam hal ini, kata Abhan, tidak hanya hadir di TPS, tapi juga partisipasi masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan setiap tahapan sehingga tercipta Pemilu yang Luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia) dan Jurdil (jujur, adil).

“Kegiatan SKPP dilaksanakan selama tiga hari, yakni dari tanggal 12 sampai 15 September 2021,” jelasnya.

Selain itu, Abhan juga menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Kendari yang telah memberi dukungan ke Bawaslu atas sinergi yang telah terjalin dengan baik.

"Tentu support dari Pemerintah Kota Kendari ini menjadi spirit bagi Bawaslu menatap Pemilu 2024, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi mendatang dapat berjalan baik," tuturnya.

Baca Juga: Efek Daring, Banyak Murid Kelas 3 SD di Kendari Belum Pintar Membaca

Baca Juga: Terlalu Lama Sekolah Daring, Pelajar SMP di Kendari Memilih Menikah

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sultra, Dr. Hamiruddin Udu berharap, peserta SKPP bisa menjadi motivator pengawas pemilu yang berintegritas sehingga pelaksanaan Pemilu berikutnya semakin demokratis dan bebas dari politik uang.

“Pemilu yang lebih berintegritas di masa yang akan datang,” tekannya.

Sementara itu, Waki Kota Kendari, Sulkarnain mengapresiasi kegiatan SKKP tahun 2021. Menurutnya, kegiatan ini begitu penting karena merekalah nantinya yang akan mengawal dan mengawasi proses penyelenggaraan pemilu.

"Sebagai catatan dari saya adalah, kedepan populasi kita akan didominasi kaum anak muda, tantangan bagi penyelenggaran pemilu ada bagaimana pemilu tersebut berjalan dengan baik,” pungkasnya. (A)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga