Ketua DPRD Konawe Pindah dari PAN ke PDIP

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 03 September 2024
0 dilihat
Ketua DPRD Konawe Pindah dari PAN ke PDIP
Penyerahan palu sidang DPRD Konawe dari ketua lama Ardin (PAN) ke ketua baru I Made Asmaya (PDIP). Foto: Ist.

" Pemilihan legislatif 14 Februari 2024 lalu telah menciptakan sejarah baru bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan perpolitikan di Wonua Kalosara Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemilihan legislatif 14 Februari 2024 lalu telah menciptakan sejarah baru bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan perpolitikan di Wonua Kalosara Kabupaten Konawe.

Pileg 2024 lalu telah menempatkan enam kader terbaik partai besutan presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan daerah lima tahun ke depan.

Bukan hanya itu, Pileg 2024 ini dan melalui Rapat Paripurna Istimewa mengantarkan I Made Asmaya, menjadi ketua sementara DPRD Konawe dan akan menjadi Ketua DPRD Konawe definitif periode 2024-2029.

Pergantian Ketua DPRD Kabupaten Konawe ditandai dengan penyerahan palu sidang oleh Ketua DPRD Konawe periode 2019-2024 Dr. H. Ardin, (PAN) kepada Ketua DPRD sementara, I Made Asmaya, (PDIP).

Selain itu, hasil Pileg 2024 ini juga memantapkan langkah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Konawe, Rusdianto, maju bertarung di Pilkada Konawe.

Baca Juga: 30 Anggota DPRD Konawe 2024-2029 Resmi Dilantik, 20 Wajah Baru

Diketahui, pada Pileg 2024 lalu, Rusdianto merupakan caleg terpilih dengan meraih suara sebanyak 3.754 (suara terbanyak). Sehingga secara otomatis menjadi Ketua DPRD Konawe.

Namun karena ingin mengabdi dan berbuat lebih luas lagi untuk kesejahteraan masyarakat Konawe, Rusdianto memantapkan diri bertarung di Pilkada Konawe bersama Fachry Pahlevi Konggoasa, putra dari Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

Sementara I Made Asmaya pada pileg 2024 lalu merupakan peraih suara terbanyak kedua, yakni 2.882 suara sehingga mandat diberikan partai kepadanya menjadi Ketua DPRD Konawe periode 2024-2029.

Ketua DPRD Konawe sementara, I Made Asmaya dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih  kepada Ketua Umum PDIP, Prof. Megawati Soekarnoputri, Korwil SB.Wiryanti Sukamdani, Ketua DPD PDIP Sultra Lukman Abunawas, dan Ketua DPC PDIP Konawe Rusdianto, yang telah mengamanahkan dirinya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Konawe.

Seyogianya pada hari ini ungkap I Made Asmaya, yang memimpin sidang adalah Rusdianto. Namun kerena dia ingin mengabdikan diri lebih luas kepada masyarakat Kabupaten Konawe sehingga memilih mengundurkan diri dari Ketua DPRD Konawe untuk mengikuti Pilkada 2024.

"Semoga niat suci dan tulus ikhlas beliau (Rusdianto) tercapai sesuai harapan," ucap I Made Asmaya.

Baca Juga: Raih Suara Terbanyak di Partainya, Caleg DPRD Konawe Muhammad Aditya Pagala Wakili Pemuda di Legislatif

Selanjutnya, I Made Asmaya mengatakan, ke depan dirinya akan memimpin DPRD Konawe untuk segera membentuk alat kelengkapan dewan hingga pembahasan tatib DPRD Konawe hingga ditetapkannya ketua, wakil ketua 1 dan wakil ketua II serta seluruh alat kelengkapan dewan definitif.

Untuk diketahui, selama dinakhodai Rusdianto, PDIP sudah tiga kali menjadi unsur pimpinan DPRD Konawe. Periode 2014-2019 sebagai Wakil Ketua 1, periode 2019-2024 Wakil Ketua 2 dan periode 2024-2029 untuk pertama kalinya PDIP sebagai Ketua DPRD Konawe.

Sebelumnya, periode 1999-2009 DPRD Konawe dipimpin Partai Golkar. Periode 2009-2024 dipimpin PAN dan periode 2024-2029 kini palu sidang berpindah ke PDIP. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga