Ketua PBB Sumatera Utara Akui Masalah Duit Penyebab Kader Tak Dapat Kursi Legislatif

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Sabtu, 13 Mei 2023
0 dilihat
Ketua PBB Sumatera Utara Akui Masalah Duit Penyebab Kader Tak Dapat Kursi Legislatif
Ketua DPW PBB Sumatera Utara Awaluddin Sibarani (dua dari kiri) usai mendaftarkan bacaleg ke KPU Sumatera Utara. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sumatera Utara, sudah dua periode tidak mendapatkan kursi di DPRD Sumatera Utara. Sebabnya, karena tidak punya duit "

MEDAN, TELISIK.ID - DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sumatera Utara, sudah dua periode tidak mendapatkan kursi di DPRD Sumatera Utara. Sebabnya, karena tidak punya duit.

Itu terungkap ketika DPW PBB Sumatera Utara usai mendaftarkan 93 bakal calon legislatif (bacakeg) di Kantor KPU Sumatera Utara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Sabtu (13/5/2023) siang.

"Target kami, berapapun bisa duduk itu sudah bagus. Karena sudah dua periode tidak pernah ada caleg yang duduk dari PBB," kata Ketua PBB Sumatera Utara, Awaluddin Sibarani.

Baca Juga: Pengurus Muhammadiyah Ikut Daftar Calon Anggota DPD RI, Perjuangkan 3 Sektor Ini

Ketika dipertanyakan apakah kendala sehingga kader PBB tidak duduk di DPRD Sumatera Utara, Awaluddin Sibarani mengatakan adalah duit.

"Duit semua itu kendalanya, karena kalau tidak ada duit, bagaimana mau menang. Untuk menjadi caleg tidak perlu duit, yang diperlukan hanya SKCK, surat kesehatan dan surat keterangan dari pengadilan. Namun, untuk terpilih mendapat kursi di DPRD, haruslah pakai duit. Kalau tidak ada duit, bagaimana bisa mengumpulkan orang," ungkapnya.

Awalludin Sibarani mengaku agar pemilu dilaksanakan secara proporsional tertutup sehingga tidak banyak saingan.

"Kita lihat jika dilakukan seperti saat ini. Sangat banyak saingannya. Untuk menjadi anggota DPRD harus memiliki duit agar bisa mendapatkan kursi. Jika dilakukan tertutup, maka akan lebih mudah prosesnya," terangnya.

Baca Juga: PKB Sumatera Utara Daftar 120 Bacaleg, Ini Targetnya

Terpisah, Ketua KPU Sumatera Utara, Herdensi ketika dikonfirmasi mengaku, berkas pencalonan bakal calon legislatif dari PKB sudah diterima.

"Selanjutnya, berkas itu akan kami verifikasi. Jika ada berkas yang belum memenuhi syarat. Maka kami akan kembali untuk segera diperbaiki oleh bacalegnya atau partainya," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga