Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setelah Salat Fardu

Irawati, telisik indonesia
Minggu, 17 Oktober 2021
0 dilihat
Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setelah Salat Fardu
Ayat kursi merupakan doa yang selalu dibaca setelah salat fardu. Selain karena memiliki keutamaan yang luar biasa, ayat kursi juga memberi makna bagi setiap orang yang membacanya. Foto: Repro Sindonews.com

" Ini keutamaan membaca ayat kursi setelah salat fardu yang wajib kamu tahu "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai bagian dari surat Al-Baqarah, yaitu ayat ke-255, ayat kursi dinilai sebagai salah satu doa yang memiliki derajat paling tinggi di antara surat-surat atau doa-doa lainnya.

Ayat kursi merupakan zikir yang selalu dibaca setelah salat fardu. Keutamaan membaca ayat kursi setelah salat fardu sangat luar biasa. Selain itu ayat ini juga memberi makna bagi setiap orang yang membacanya.

Di dalam ayat kursi terdapat kalimat tauhid yang menjadi pegangan seorang Muslim, sehingga ayat kursi dapat dijadikan pegangan untuk menjalani hidup.

Setelah melaksanakan salat wajib, kita dianjurkan untuk beristigfar dan berzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Bahkan, tak sedikit hadis yang menjelaskan tentang manfaat berzikir setelah salat. Salah satunya tentang membaca ayat kursi.

Dikutip dari Liputan6.com, ayat ke-255 dari surah Al-Baqarah ini dianjurkan untuk dibaca setiap salat, karena mengandung beberapa keistimewaan dan keutamaan. Syekh Ali Jaber menjelaskan hal ini dalam salah satu ceramahnya.

Dari Abu Umamah radhiyallahu‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa membaca ayat kursi setiap selesai salat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadis ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram)."

Untuk itu Syekh Ali Jaber mengingatkan agar jangan terburu-buru menjalani aktivitas kembali setelah salat. Sisihkan waktu beberapa menit untuk berzikir dan membaca ayat kursi.

"Saya sering mengingatkan jemaah. Apa pun kesibukannya, buru-buru, ada meeting, janji tidak bisa bertahan lama di musala atau masjid paling tidak habis istigfar, Allahuma antassalam wa mingkasalam sampai selesai, langsung ayat kursi. Habis itu silakan bubar (pergi) bebas," kata Syekh Ali Jaber.

Dilansir dari Detik.com, membaca ayat kursi setelah salat memiliki manfaat dan keutamaan yang sangat besar. Ayat kursi dalam hadis riwayat Bukhari disebutkan bahwa ayat itu merupakan ayat paling mulia dalam Al-Qur'an.

Orang yang membacanya bisa terlindungi dari setan.

Bacaan ayat kursi terdapat di dalam surat Al-Baqarah ayat 255 yang artinya:

"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar." (QS. Al-Baqarah ayat 255).

Jika, diteliti maksud ayat kursi secara umum, di dalamnya terkandung sifat-sifat utama Allah. Di antaranya Ketuhanan, Keesaan, Hidup, Ilmu, Memiliki Kerajaan, Kekuasaan, dan Kehendak.

Seperti dilansir dari buku berjudul The Power of Wirid: Rahasia dan Khasiat Zikir Setelah Salat untuk Kedamaian karya Luqman Junaidi, Ubay bin Ka'ab, salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW meriwayatkan Rasulullah SAW bertanya, "Abu Mundzir (sahabat Nabi Muhammad SAW), tahukah kamu ayat yang paling mulia dalam Al-Qur'an?"

"Allah dan Rasul-Nya lebih tahu," jawab Ubay.

Beliau bertanya lagi, "Abu Mundzir, tahukah kamu ayat yang paling mulia dalam Al-Qur'an yang ada bersamamu?"

Ubay kemudian membaca ayat kursi. Rasulullah SAW lantas menepuk dada Ubay dan berkata, "Abu Mundzir, demi Allah kamu akan dianugerahi ilmu." (HR Muslim).

Rasulullah bersabda:

Di dalam Surat Al-Baqarah, ada satu ayat yang menjadi penghulu bagi seluruh ayat Al-Qur'an. "Tidaklah ia dibaca dalam rumah yang di dalamnya ada setan, melainkan setan akan keluar darinya. Itulah ayat kursi." (HR. Al-Hakim).

Rasulullah SAW juga telah banyak bersabda tentang kelebihan atau keutamaan ayat kursi. Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai salat fardu, Allah akan memberinya hati orang yang bersyukur, amalan orang yang membenarkan Allah, pahala nabi-nabi, melimpahkan rahmat-Nya, dan tidak menghalanginya dari masuk surga melainkan kematian yang akan melakukannya. (HR. An-Nasai).

Hal ini dikutip dari buku Ensiklopedia untuk Anak-Anak Muslim: Al-Mawsu'ah Lil-Attal al-Muslimin.

Setelah mengetahui keutamaan membaca ayat kursi setelah salat sangat penting, maka pastinya, kita akan berusaha untuk tidak meninggalkannya. Walaupun dalam keadaan buru-buru, sempatkan untuk membacanya setelah salat fardu. (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga