Keutamaan Puasa Sunah di Bulan Rajab

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 12 Januari 2024
0 dilihat
Keutamaan Puasa Sunah di Bulan Rajab
Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Karena itu, disunahkan memperbanyak puasa di bulan ini. Foto: Repro

" Disunahkan memperbanyak puasa di bulan Rajab "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan Rajab adalah bulan ketujuh tahun Hijriah, dan merupakan salah satu dari empat bulan haram atau bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT selain bulan Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah dan Muharram.

Di bulan ini, umat Islam disunahkan untuk memperbanyak puasa. Dikutip dari Bangka.tribunnews.com, dalam hadis yang diriwayatkan At Tabrani dari Syaid bin Rasyid, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang berpuasa sehari di Bulan Rajab laksana berpuasa setahun. Apabila berpuasa tujuh hari maka ditutupkan darinya pintu neraka jahanam. Barang siapa berpuasa delapan hari maka dibukakan delapan pintu surga dan Allah mengabulkan semua permohonannya”.

Baca Juga: Rahasia Keistimewaan Salat Subuh

Diketahui, tanggal 1 Rajab 1445 hijriah jatuh pada Sabtu (13/1/2024). Puasa Rajab tidak boleh dilakukan sebulan penuh. Sebagian sahabat Nabi memakruhkan puasa Rajab selama satu bulan penuh karena dianggap menyerupai puasa bulan Ramadan. 

Mengutip Suara.com, puasa Rajab dilaksanakan dengan mengacu pada riwayat dari Utsman bin Hakim Al Anshari, yang berbunyi:

Baca Juga: Kriteria Calon Pemimpin Menurut Al-Qur an

‘Saya bertanya pada Sa’id bin Jubair mengenai puasa Rajab, dan saat itu kami berada di bulan Rajab. Maka, ia pun menjawab, ‘Saya telah mendengar Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, ‘Dulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berpuasa hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan berbuka. Dan beliau juga pernah berbuka hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan puasa.’.

Menurut Imam Al-Ghazali, puasa Rajab lebih baik dikerjakan di hari-hari utama, seperti ayyamul bidh di tanggal 13, 14, dan 15 bulan kamariah, atau hari Senin, Kamis, dan Jumat untuk memperoleh pahala yang lebih besar. (C)

Penulis: Haerani Hambali

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga