Komit Turunkan Inflasi, Pemda Kolaka Timur Gelar Gerakan Pangan Murah

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 09 November 2023
0 dilihat
Komit Turunkan Inflasi, Pemda Kolaka Timur Gelar Gerakan Pangan Murah
Pemda Kolaka Timur gelar pasar murah untuk menekan laju inflasi daerah. Foto: Ist.

" Pemda Kolaka Timur lakukan gerakan pangan murah (GPM) dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-44, serta untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan, pengendalian inflasi daerah, di Aula Kantor Desa Gunung Jaya, Kecamatan Dangia "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemda Kolaka Timur lakukan gerakan pangan murah (GPM) dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-44, serta untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan, pengendalian inflasi daerah, di Aula Kantor Desa Gunung Jaya, Kecamatan Dangia, Kamis (9/11/2023).

Dalam kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Ketahan Pangan Kolaka Timur yang diwakili Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Toto Untung Slamat Sampe, Camat Dangia, Kepala Desa Gunung Jaya, unsur TNI-Polri.

Sejumlah kebutuhan pokok dengan harga relatif terjangkau dipasarkan di Aula Kantor Desa Gunung Jaya, mengundang antusias ibu-ibu di wilayah Kecamatan Dangia untuk berbelanja bebutuhan hari-hari.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gelar Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata

Kebutuhan pokok tersebut di antaranya, Beras dengan harga Rp 54.000/5 Kg, telur Ayam Rp 50.000/rak, Gula Pasir Rp 15.000/Kg, minyak goreng Rp 14.000 - Rp 17.000/Kg, terigu Rp 11.000 - Rp.12.000/Kg, bawang merah Rp 18.000/Kg, bawang putih Rp 35.000/Kg.

Camat Dangia, I Wayan Gede Edi Sanjaya mengatakan, pasar murah ini dapat memberikan pemenuhan kebutuhan pangan kepada masyarakat.

Ia menambahkan, El Nino sangat berdampak  di beberapa wilayah, termasuk di Kecamatan Dangia yang mengakibatkan kekeringan terhadap area persawahan tapi tidak separah daerah lainnya.

"Sehingga stabilitas pasokan masih terus terjaga, yang disupport dengan kegiatan gerakan pangan murah," ungkapnya.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gandeng Swasta Hapus Kemiskinan Ekstrem

Ia juga berterimakasih kepada pemerintah daerah yang telah menggelar pasar murah di wilayah Kecamatan Dangia untuk dapat menekan laju inflasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Idarwati menyampaikan, jika program gerakan pangan murah ini sebagai salah satu upaya untuk menekan laju inflasi dan menjaga kestabilan harga bahan pokok di Kolaka Timur.

Gerakan pangan ini, lanjut Idarwati sangat menyedot perhatian masyarakat yang antusias membeli berbagai kebutuhan pokok yang disediakan. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga