Pemda Kolaka Timur Gelar Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 04 November 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Gelar Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata
Pemda Kolaka Timur gelar pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata lokal. Foto: Ist.

" Pemda Kolaka Timur gelar pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata guna meningkatkan wisata lokal, di Baros Farm House Tawainalu "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemda Kolaka Timur gelar pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata guna meningkatkan wisata lokal, di Baros Farm House Tawainalu Sabtu (4/11/2023).

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kolaka Timur, Sulwan Sovian mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat mengembangkan destinasi wisata.

Ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah strategis dalam mengembangkan destinasi wisata yang ada.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Salurkan Bantuan CPP Tahap II di Sejumlah Desa

"Kita buatkan website khusus wisata yang ada di Kolaka Timur," jelasnya

Sementara itu Sekertaris Daerah (Sekda) Kolaka Timur, Andi Muh Iqbal Tongasa menyampaikan jika perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi terus meningkat, membuat jumlah pengguna internet semakin bertambah setiap tahunnya.

Kata Sekda, harus diakui kemunculan internet dan digitalisasi, telah membawa banyak dampak positif bagi manusia khususnya pada sektor pariwisata, juga mampu memberikan banyak dari sisi penyedia jasa, kehadiran internet memberikan sumbangsih yang luar biasa terhadap penghematan biaya operasional dan penggunaan waktu.

Untuk itu jelas Sekda, dalam rangka menyasar pasar yang potensial, khususnya pada daerah-daerah dengan potensi wisata yang luar biasa, perlu dibangun sarana dan konsep pemasaran yang baik, berpromosi secara online tidaklah mematikan pemasaran secara konvensional, tetapi justru saling menguatkan.

"Meski promosi secara langsung (word of mouth) masih dianggap paling ampuh dan berhasil, tentu kita semua sepakat bahwa setiap pengelola destinasi wisata perlu menambah platform pemasaran agar lebih optimal,” pintanya.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gandeng Swasta Hapus Kemiskinan Ekstrem

Lanjut Sekda, website bukan saja harus responsif dan cepat, tetapi harus memiliki literasi maupun cerita yang informatif, kaya, dan kuat. Dalam beberapa kasus di lapangan sebutya, banyak destinasi maupun objek wisata yang telah mengembangkan website.

Masalahnya ungkap Sekda, hal-hal kecil seperti informasi dan konten masih sering diabaikan. Padahal, website kerap menjadi rujukan utama wisatawan sebelum mengambil keputusan.

“Isi informasi sangatlah penting, wisata yang dipromosikan, keterampilan SDM pariwisata harus terus ditingkatkan, utamanya yang menyentuh ranah digital,” tutupnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga