Kota Kendari Sukses Selenggarakan Jambore PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 13 Juli 2023
0 dilihat
Kota Kendari Sukses Selenggarakan Jambore PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara
Pj Wali Kota Kendari bersama Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari menyambut para peserta defile. Foto: Sumarlin/Telisik

" Kota Kendari sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023. Upacara pembukaan berlangsung di lapangan upacara kantor Balai Kota Kendari, Rabu (12/7/2023).

Pembukaan Jambore PKK diawali dengan lomba devile dan yel-yel oleh tim penggerak PKK 17 kabupaten/kota. Tiap daerah menyajikan berbagai yel-yel menarik dan kreatif, menghibur para penonton.

Meski diguyur hujan, para peserta tetap semangat menampilkan yel-yelnya. Lomba ditutup dengan penampilan tim PKK Kota Kendari.

Kemeriahan upacara pembukaan Jambore PKK dilanjutkan dengan tarian kolosal oleh ratusan pelajar di Kota Kendari di bawah binaan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari. Mereka membawakan tarian kreasi yang bercerita tentang Kalosara suku Tolaki, dipadukan dengan kegiatan tim penggerak PKK. Tarian kolosal ini ditutup dengan pengalungan bunga pada Gubernur Sulawesi Tenggara dan Pj Wali Kota Kendari, serta Ketua TP PKK Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari.

Gubernur Ali Mazi dan Pj Wali Kota Kendari serta Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari, melepaskan burung merpati, menandai pembukaan Jambore PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Sumarlin/Telisik

 

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, dalam sambutannya saat membuka Jambore PKK, memberikan apresiasi pada Kota Kendari sebagai tuan rumah yang sukses menyelenggarakan Jambore PKK tahun 2023.

Gubernur juga melihat, pelaksanaan Jambore PKK setiap tahun terus berkembang, seiring perkembangan kemampuan para kadernya dalam mengikuti perkembangan zaman.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas, Kader TP PKK Konawe Gelar Jambore Tingkat Kabupaten

"Tim penggerak PKK harus tampil dan mampu mengaktualisasikan diri, dalam mendukung penyelenggaraan program pemerintah daerah, dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi," ungkap Gubernur Ali Mazi.

Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Tenggara, Endang Abbas menjelaskan, Jambore PKK merupakan kegiatan kader PKK yang digelar untuk meningkatkan kompetensi kader dalam melakukan berbagai hal, sehingga lebih tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

"Lomba-lomba yang digelar didesain berbasis peningkatkan kompetensi dan berbasis minat dan bakat para kader dan materi ketangkasan," kata Endang.

Tarian kolosal yang dibawakan ratusan pelajar di Kota Kendari, saat pembukaan Jambore PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Sumarlin/Telisik

 

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara ini menegaskan, pemenang dalam Jambore PKK ini akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada ajang nasional di Surakarta.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tenggara ini juga menyatakan pamit sebagai Ketua TP PKK karena masa jabatannya akan berakhir bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara tahun 2023 ini.

Pj. Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, menyampaikan terima kasih pada PKK Provinsi Sulawesi Tenggara yang mempercayakan Kota Kendari sebagai tuan rumah.

Salah satu tim PKK mengikuti lomba yel-yel, sebagai rangkaian Jambore PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Sumarlin/Telisik

 

"Harapan kami, melalui Jambore PKK tahun 2023 ini maka sinergi, kolaborasi akan semakin terbangun, bukan hanya antara PKK dan pemerintah, tapi antar PKK kabupaten/kota dan provinsi," ungkap Asmawa.

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore PKK Siti Chomzah Asmawa menjelaskan, Jambore PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara ini diikuti sebanyak 1.447 kader PKK dari 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara. Para peserta akan mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan dari tanggal 12-13 Juli di Kota Kendari.

Baca Juga: Tari Kolosal Buton Selatan Meriahkan Jambore PKK Tingkat Kabupaten

"Tujuan kegiatan ini yaitu, pertama, meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kader dalam gerakan PKK. Kedua, meningkatkan motivasi dan kinerja kader dalam menunjang terwujudnya kader yang sehat dan sejahtera. Ketiga, memberikan kesempatan bagi kader untuk saling berbagi pengalaman serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan sesama kader PKK se-Provinsi Sulawesi Tenggara," jelasnya.

Selian lomba yel-yel dan defile, Jambore PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara ini akan diisi dengan sejumlah lomba lain yakni PKK Idol, lomba pesan berantai, lomba bola gotong dan lomba terompah.

Prosesi pembukaan Jambore PKK ditutup dengan penyerahan bendera merah-putih pada ketua tim penggerak PKK untuk dikibarkan di 17 kabupaten/kota, dilanjutkan dengan pelepasan balon dan burung merpati oleh gubernur, Pj wali kota, ketua TP PKK dan Forkopimda.

Sebelumnya, pemerintah Kota Kendari juga menggelar jamuan makan malam menyambut para peserta Jambore PKK, makan malam dilakukan di lantai 10 gedung tower kantor Balai Kota Kendari. (A-Adv)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga