KPK Periksa Rafael Alun Hari Ini, 25 Artis Diduga Terlibat Pencucian Uang

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 03 April 2023
0 dilihat
KPK Periksa Rafael Alun Hari Ini, 25 Artis Diduga Terlibat Pencucian Uang
Rafael Alun Trisambodo (RAT) akan diperiksa KPK dalam kapasitasnya sebagai tersangka, hari ini, Senin (3/4/2023). Foto: Repro Detikcom

" KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Rafael Alun Trisambodo (RAT) dalam kapasitasnya sebagai tersangka, Senin (3/4/2023) hari ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Rafael Alun Trisambodo (RAT) dalam kapasitasnya sebagai tersangka, hari ini, Senin (3/4/2023).

Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tersebut diharapkan untuk kooperatif memenuhi panggilan KPK.

"Kami berharap tersangka kooperatif hadir, dan dapat secara langsung menyampaikan keterangannya di hadapan penyidik," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri dilansir Okezonenews.com.

Sedianya, Rafael Alun diagendakan diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Ali memastikan bahwa seluruh proses penegakan hukum terhadap Rafael Alun sudah sesuai aturan.

"Termasuk kami juga berikan kesempatan yang sama terhadap tersangka untuk menggunakan hak-haknya," pungkasnya.

Baca Juga: Ditetapkan Tersangka, Perjalanan Rafael Alun Timbun Uang dan Emas 60 Kg di Rumahnya Berakhir

Dalam pemeriksaan nanti KPK juga bakal menyelidiki kasus pencucian uang yang melibatkan para artis tanah air. Dari hasil temuan Indonesian Audit Watch (IAW), tidak hanya artis inisial R yang terlibat, tapi juga ada artis-artis lain.

IAW menyebut memang diduga ada artis lain yang terlibat selain R. Daftarnya mencapai 25 artis, termasuk 3 band besar.

"Kalau bicara yang terkonsolidasi, terakses atau terkorelasi itu langsung maupun tidak langsung minimal 25 (artis)," kata perwakilan Indonesian Audit Watch Iskandar Sitorus melalui sambungan telepon, dilansir dari Detikcom.

Baca Juga: Bukan Cuma Rafael Alun, 4 Pegawai Pajak Ini Korupsi Gila-gilaan hingga Kekayaan Capai Rp 100 Miliar

"Malah nanti kalau terkait bank itu ada tiga band besar juga," sambungnya.

Menurut IAW, kasus dugaan ini masih akan berproses dan tidak bisa terburu-buru untuk mengatakan secara gamblang siapa artis-artis tersebut.

"Itu nanti, tapi kita berproses. Ini harus seperti teori makan bubur. Ini harus pakai metode smooth, yang penting KPK mampu menjadikan pijakan untuk menetapkan tersangka selanjutnya," jelas Iskandar Sitorus. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga