Logo Telisik.id

KPK Siap Dampingi Polda Sultra Ungkap Desa Fiktif di Konawe

52 dibaca KPK Siap Dampingi Polda Sultra Ungkap Desa Fiktif di Konawe

Ketua KPK RI, Agus Rahardjo, saat mengikuti Publik Hearing di Kantor DPRD Sultra Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyilidikan (SPDP) sudah keluar dari Polda. Maka kami akan melakukan pendampingan, karena memang kewenangan KPK memonitoring SPDP yang sudah dikeluarkan oleh Polda terkait dengan korupsi."

KENDARI, TELISIK.ID – Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK) siap mendampingi Polisi Daerah (Polda) Sultra untuk mengungkap keberadaan  desa fiktif yang ada di Kabupaten Konawe, yang menjadi sorotan nasional setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut keberadaan desa fiktif di kabupaten itu yang berdampak pada penggunaan dana desa tidak tepat sasaran.

Ketua KPK RI, Agus Rahardjo mengatakan, penyeledikan adanya desa fiktif ini akan dilakukan lebih lanjut dengan pendalaman fakta terkait kasus ini dengan mendampingi Polda Sultra.

“Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyilidikan (SPDP) sudah keluar dari Polda. Maka kami akan melakukan pendampingan, karena memang kewenangan KPK memonitoring SPDP yang sudah dikeluarkan oleh Polda terkait dengan korupsi,” katanya kepada awak media di Kantor DPRD Sultra, Kamis (7/11/2019).

Olehnya itu, Ia melanjutkan, pihaknya berkomitmen untuk menyusut tuntas siapa dalang dari perkara tersebut. Dimana, pihak KPK akan melakukan penyilidikan untuk mencari siapa yang pelaku sebenarnya yang menikmati dana desa fiktif dan siapa yang mengusulkan ide tersebut.

Untuk diketahui, desa yang diduga fiktif itu diantaranya adalah Desa Ulu Meraka Kecamatan Lambuya, Desa Uepai Kecamatan Uepai, dan Desa Morehe Kecamatan Uepai.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Ibnu

Post Tags: KPK POLDA SULTRA

Copyright © 2019 Telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video