Kronologis Terbakarnya Rumah Kos Milik Mantan Bupati Buton Utara Abu Hasan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 28 Oktober 2023
0 dilihat
Kronologis Terbakarnya Rumah Kos Milik Mantan Bupati Buton Utara Abu Hasan
Sisa puing-puing kebakaran (kiri), dan video detik-detik penghuni kos menyelamatkan diri dengan cara melompat dari lantai dua (kiri). Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Kebakaran di Lorong Belibis, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, pada Sabtu (28/10/2023) sekitar pukul 08.30 Wita, menghanguskan rumah kos milik H. Abu Hasan, mantan Bupati Buton Utara "

KENDARI, TELISIK.ID - Kebakaran di Lorong Belibis, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, pada Sabtu (28/10/2023) sekitar pukul 08.30 Wita, menghanguskan rumah kos milik H. Abu Hasan, mantan Bupati Buton Utara. Kerugian ditaksir mencapai Rp 100 juta.

Saksi-saksi, termasuk Fifin Safitri, seorang mahasiswa asal Desa Lakansai, Kabupaten Buton Utara, menceritakan bahwa dia sedang berada di rumah utama milik Abu Hasan ketika melihat asap tebal berasal dari rumah kos yang lokasinya berdekatan.

Dengan sigap, dia memanggil teman-temannya untuk membantu memadamkan api. Sementara itu, seorang warga bernama Dandi, yang juga menjadi saksi, melaporkan bahwa api berasal dari salah satu kamar kosong yang tidak dihuni.

Para saksi lainnya, termasuk Aslam, juga mahasiswa, berusaha sekuat tenaga memadamkan api menggunakan air yang mereka temukan di sekitar lokasi kejadian. Mereka berusaha membatasi kerugian sebisa mungkin sebelum bantuan tiba.

Baca Juga: Kebakaran di Lorong Belibis Kendari, Hanguskan 1 Rumah Dihuni Mahasiswa

Damkar Kota Kendari akhirnya tiba di lokasi sekitar pukul 08.50 Wita, berupaya keras untuk mengendalikan situasi. Petugas pemadam kebakaran serta warga sekitar, berusaha memadamkan api yang semakin meluas. PLN juga turun tangan dengan memutus pasokan listrik ke rumah yang terbakar, mengurangi risiko kebakaran yang lebih besar.

Usaha bersama ini membuahkan hasil, karena pada pukul 09.05 Wita, api berhasil dipadamkan.

Baca Juga: Sepanjang Musim Kemarau Puluhan Laporan Kebakaran Lahan di Kota Kendari

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Fathurrahaman, memberikan keterangan bahwa kejadian ini menyebabkan kerugian materil yang signifikan. Barang-barang seperti sofa, kasur, dan bangunan rumah kos dengan enam kamar hangus terbakar, dengan estimasi kerugian mencapai Rp 100 juta.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, tetapi kerugian materil yang dialami oleh para mahasiswa yang tinggal di sana sangatlah besar. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga