Kukuhkan 3 Guru Besar, Zamrun Ingatkan Untuk Berkontribusi Bagi Masyarakat Luas

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 06 April 2022
0 dilihat
Kukuhkan 3 Guru Besar, Zamrun Ingatkan Untuk Berkontribusi Bagi Masyarakat Luas
Pengukuhan guru besar FP, FPIK, dan FEB oleh Rektor UHO Kendari Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, di Gedung Sport Center UHO. Foto: Ist.

" Pencapaian predikat guru besar menjadi awal mula sebuah perjuangan untuk memantapkan khazanah keilmuan yang telah diraih "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menambah tiga guru besar baru yang berasal dari Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu usai pengukuhan tiga guru besar itu mengatakan, pencapaian predikat guru besar menjadi awal mula sebuah perjuangan untuk memantapkan khazanah keilmuan yang telah diraih.

Serta selalu memiliki integritas yang tinggi, tanggung jawab moral, dan yang terpenting mampu memberi kontribusi kepada masyarakat luas.

"Dan hal ini tentunya dapat dilakukan oleh setiap orang," katanya, Rabu (6/4/2022).

Pengukuhan itu kata dia, merupakan kebahagiaan bagi seluruh warga kampus UHO Kendari, karena pada bulan April 2022 ini, bertambah lagi guru besar.

"Sehingga jika dijumlah total guru besar sebanyak 91 orang dalam bidang yang berbeda," ungkapnya.

Baca Juga: UHO Kendari Perpanjang Penerimaan Program Mahasiswa Wirausaha

Tempat sama, Ketua Senat UHO Kendari, Prof. Dr. La Niampe mengatakan, guru besar bukanlah gelar akademik yang diperoleh melalui proses pendidikan formal.

Guru besar adalah jabatan fungsional tertinggi di lingkungan perguruan tinggi yang memiliki masa tertentu.

"Artinya, jabatan fungsional itu hanya berlaku ketika yang bersangkutan masih menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Guru Besar, Prof. Dr. Ir. H. I Gusti Ray Sadimantara menyampaikan, keempat guru besar yang dikukuhkan ini berasal dari tiga fakultas yang berbeda-beda.

Baca Juga: Komitmen Jaga Lingkungan, FHIL UHO Kendari Tanam Mangrove di Pesisir Sultra

Pertama dari FP, yaitu Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Nurmas, berdasarkan SK Mendikbud RI, nomor: 48083/MPK//KP/2020 tanggal 5 Juni 2020 TMT mulai tanggal 1 April 2020 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam bidang Ilmu Budidaya Pertanian/Agronomi.

Kedua dari FPIK, Prof. Dr Asriyana, berdasarkan SK Mendikbudristek RI, nomor: 83501/MPK.A//KP.05.01/2021 tanggal 25 November 2021 TMT mulai tanggal 1 November 2021 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam bidang Pengelolaan Sumber Daya Perairan.

Ketiga dari FEB, Prof. Dr. Andi Basri Wawo, berdasarkan SK Mendikubristek RI, nomor: 92482/MPK.A//KP.05.01/2021 tanggal 27 Desember 2021 TMT mulai tanggal 1 Desember 2021 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam bidang Ilmu Akuntansi. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga