Kulisusu Buton Utara Diguncang Gempa Bumi

Aris, telisik indonesia
Senin, 13 Juni 2022
0 dilihat
Kulisusu Buton Utara Diguncang Gempa Bumi
Kulisusu Buton Utara malam ini, Senin (13/6/2020) diguncang gempa bumi bermagnitudo 2,6 SR. Foto: Ist

" Wilayah Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 2.6 magnitudo "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Wilayah Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 2.6 magnitudo, Senin (13/6/2022) pukul 20.25 Wita.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyatakan gempa tersebut berkekuatan 2.6 Magnitudo. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.68  LS, 123.32 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 12.5 Kilo Meter (Km) Timur Laut Kulisusu Utara, pada kedalaman 10 Km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T mengatakan jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di timur laut Kulisusu Utara.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," kata Rudin dalam keterangan resminya.

Hingga pukul 21.00 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Baca Juga: Job Fit Eselon II, Pemkab Muna Diduga Bohongi KASN

Baca Juga: Muna Barat Raih Predikat Daerah Bebas Frambusia Kedua se-Sulawesi Tenggara

Olehnya itu, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pihaknya juga mengimbau agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," imbaunya.

Sementara itu salah seorang warga Kulisusu, Ardian mengatakan ia merasakan gempa tersebut saat ia sedang berada di dalam rumah. Menurutnya, ia hanya merasakan getaran gempa selama sekira 2 detik, kemudian getaran gempa berlalu. "Lantai bergetar," ujarnya. (B)

Penulis: Aris

Editor: Musdar

Baca Juga