adplus-dvertising

Kunci Sukses Berani Mencoba

Abd. Rasyid Masri, telisik indonesia
Sabtu, 11 September 2021
1248 dilihat
Kunci Sukses Berani Mencoba
Prof. Abd. Rasyid Masri, Akademisi dan Pebisnis. Foto: Ist.

" Semakin banyak kaki melangkah semakin banyak Ilmu didapat untuk membuka cakrawala seseorang. "

Oleh: Prof. Abd. Rasyid Masri

Akademisi dan Pebisnis

GURU terbaik dalam hidup adalah pengalaman dan terkadang ada orang berkata pengalaman itu adalah guru besar. Semakin banyak kaki melangkah semakin banyak Ilmu didapat untuk membuka cakrawala seseorang.


Untuk sukses maka cobalah hal-hal baru, sebab dengan mencoba hal yang baru itu artinya kita telah menguji kualitas diri kita sehingga hidup lebih berwarna.

Jangan biarkan dirimu terbelenggu dengan rutinitas yang terkadang membosankan, rumah ke kantor tiap hari tanpa hasil tambahan, atau rumah ke pasar dan mungkin di rumah saja karena PPKM dan lainnya.

Ingat waktu terus berjalan dan usia terus bertambah. Artinya jatah hidup terus berkurang, maka cobalah berani melakukan sesuatu yang baru yang boleh jadi cocok dan dapat menunjang keberlangsungan kehidupan yang lebih sukses untuk diwariskan pada anak cucu di masa depan.

Baca juga: Nasibmu, Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Kaltim

Baca juga: Hutang Penghalang Masuk Surga

Contohlah Rasulullah Nabi kita Muhammad SAW. Beliau telah dijamin hidupnya di akhirat tapi beliau tidak hanya menghabiskan waktunya hanya shalat, berzikir di atas sajadah tapi beliau selalu berani mencoba hal-hal baru.

Rasulullah manusia yang multitalenta dan multidisipliner, di samping sebagai pemuka agama, panglima perang yang handal, kepala negara, tapi jauh sebelumnya juga sebagai pebisnis yang mumpuni dan sukses. Pendakwah dengan skill komunikasi retorika yang lembut dan santun sebagai komunikator dakwah.    

Di mana letak rahasia kehebatan beliau yakni berani mencoba hal yang baru dan berbuah kesuksesan. Maka tidaklah salah kalau seorang Kristen Michael H Hart telah melakukan penelitian dan kemudian dia bukukan hasil risetnya dalam buku yang berjudul “the 100 rangking of must infuential person in history". Meneliti orang paling sukses di dunia yakni 100 tokoh paling berpengaruh di dunia, dan menariknya dari urutan 100 orang hebat dunia, Rasulullah Muhammad di urutan pertama.

Suatu pengakuan obyektif dan kejujuran orang lain yang memberi penilaian. Bukan dirinya sendiri (puji diri) atau umatnya (kelompoknya), tapi orang yang diluar Islam. Dia melihat Muhammad tokoh yang berani mencoba hal-hal baru, dan kesuksesannya berpengaruh seantero dunia.

Setelah membaca tulisan ini, semoga terinspirasi dan mulai sekarang beranilah mencoba hal-hal baru. Walau tidak besar, namun mendorong kemajuan hidup. Tak masalah gagal dan bahkan mungkin akan diremehkan orang dan dihina orang, jangan pedulikan. Teruslah berjalan, sebab pada saat kita sukses mereka baru sadar kalau dia sudah terlambat, sehingga penuh penyesalan.

Hidup ini adalah cobaan, maka teruslah mencoba dan teruslah belajar. Sebab hidup ini bukan untuk mendapatkan kesempurnaan, tapi untuk mendapatkan ridho Allah SWT sebanyak-banyaknya. (*)

Artikel Terkait
Baca Juga