Laksanakan Rekomendasi, KASN Apresiasi Pj Bupati Muna Barat

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 19 September 2022
0 dilihat
Laksanakan Rekomendasi, KASN Apresiasi Pj Bupati Muna Barat
Pj Bupati Muna Barat, Bahri bersama Pj Bupati Buton Tengah, Muhamad Yusuf. Foto: Sunaryo/Telisik

" KASN mengapresiasi langkah Pj Bupati Muna Barat yang telah melaksanakan rekomendasi KASN dalam mutasi pejabat di daerah itu "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Mutasi pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat yang selama ini menuai sorotan dari beberapa elemen, berbanding terbalik dengan penilaian Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

KASN justru mengapresiasi langkah Pj Bupati Muna Barat, Bahri yang telah melaksanakan rekomendasi. Hal tersebut dituangkan dalam surat B-3279/JP 01/09/2022.

"Apa yang dilakukan pak Pj bupati dalam melaksanakan sistem merit mendapat pengakuan dan diapresiasi oleh KASN," kata Muhamad Fajar Fariki, Jubir Pemkab Muna Barat, Senin (19/9/2022).

Adapun tindaklanjut rekomendasi KASN ddituangkan pada SK Bupati Nomor 130 tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan tinggi pratama (JPT).

Baca Juga: Kurangi Beban Rakyat, Pajak Kendaraan Mikrolet dan Ojol Dihapus

Dari situ, kata Fajar, KASN mengapresiasi Pj bupati selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK) yang telah melaksanakan rekomendasi KASN Nomor B-4683/KASN/12/2021 tanggal 21 Desember 2021 dan rekomendasi Nomor B-1732/JP.01/05/202212 Mei tahun 2022 perihal rekomendasi pelanggaran sistem merit dalam pelaksanaan rotasi dan mutasi.

"Jadi sudah jelas, penataan birokrasi yang dilakukan Pj bupati sudah sesuai aturan, tidak ada lagi yang harus dipolemikkan," terangnya.

Baca Juga: Kios Habiskan Rp 1 M Tak Terpakai dan Rusak, Kejari Muna Lakukan Lidik

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengaku, pelaksanaan sistem merit merupakan bentuk konsistensi pada peraturan perundangan-undangan yang berlaku sebagai upaya mengkonstruksi birokrasi yang baik dan melayani.

"Penataan birokrasi dengan sistem merit di samping kewajiban menaati regulasi yang ada, sebagai kepala daerah, saya wajib menaatinya," terangnya.

Ia berharap seluruh birokrasi di Bumi Laworoku terus meningkatkan kedisiplinan dan kinerja, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik demi kemajuan daerah. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga