Perekrutan Tenaga Survei Kesehatan Indonesia Disoal, Kadinkes Muna: Sudah Sesuai Prosedur

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 24 Juli 2023
0 dilihat
Perekrutan Tenaga Survei Kesehatan Indonesia Disoal, Kadinkes Muna: Sudah Sesuai Prosedur
Lembaga Gerak Sulawesi Tenggara saat berorasi di depan Kantor Dinkes Muna, soal perekrutan SKI. Foto: Sunaryo/Telisik

" Perekrutan tenaga survei kesehatan Indonesia (SKI) yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna, disoal oleh lembaga Gerak Sulawesi Tenggara "

MUNA, TELISIK.ID - Perekrutan tenaga survei kesehatan Indonesia (SKI) yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna, disoal oleh lembaga Gerak Sulawesi Tenggara, Senin (24/7/2023).

Perekrutan diduga tidak sesuai prosedur. Instansi yang dipimpin Tasrim Darjo itu diduga kongkalingkong dengan 20 peserta seleksi yang dinyatakan lulus.

Korlap demo, Kasral menilai, pelaksanaan seleksi tidak memenuhi standar. Di mana, dari 80 peserta yang mendaftar, mereka hanya diseleksi wawancara. Itupun, wawancaranya hanya sebatas formalitas.

Baca Juga: HUT Buton Tengah ke-9 Berubah Duka

"Proses seleksinya hanya formalitas. Orang-orang yang lulus sudah dikantongi Dinkes," teriak Kasral.

Adapun tenaga survei yang direkrut berasal dari bagian keperawatan, gizi, kesehatan masyarakat dan kebidanan. Nah, harusnya proses seleksi sesuai standar khusus dengan melakukan tes sesuai kompetensi bidangnya masing-masing. Karenanya, mereka menuntut agar 20 peserta yang lulus dibatalkan dan dilakukan seleksi ulang.

"Itu yang tidak dilakukan. Tesnya hanya wawancara. Itupun yang ditanya apakah peserta tahu bahasa daerah Muna," bebernya.

Baca Juga: Kejari Muna Peringkat Pertama Penanganan Perkara Restorative Justice se-Sulawesi Tenggara

Sementara itu, Kadinkes Muna, Tasrim Darjo menepis tudingan itu. Katanya, pelaksanaan seleksi terbuka. Pihaknya hanya sebatas membantu Kemenkes melakukan perekrutan.

"Sudah sesuai prosedur semuanya. Perekrutannya pun tidak dipungut biaya," kata Tasrim. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga