Lama Digantung, Pejabat Eselon II Pemkot Baubau Hasil Lelang Resmi Dilantik

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 08 Mei 2024
0 dilihat
Lama Digantung, Pejabat Eselon II Pemkot Baubau Hasil Lelang Resmi Dilantik
Pelantikan dua pejabat OPD Hasil lelang yang berlangsung di Aula Palagimata Kota Baubau. Foto: Ist.

" Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberi restu kepada Pemkot Baubau untuk melaksanakan lelang jabatan untuk tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk Inspektorat "

BAUBAU, TELISIK.ID - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberi restu kepada Pemkot Baubau untuk melaksanakan lelang jabatan untuk tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk Inspektorat.

Hal ini ditandai dengan dikeluarkannya rekomendasi pelaksanaan kegiatan seleksi terbuka dari KASN pada tanggal 24 Januari 2024 lalu. Namun, hanya dua OPD yang mendapat pelantikan.

Pejabat Eselon II yang dilantik adalah Eko Prasetya kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Fanti Frida Yanti menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Palagimata pada Rabu (8/5/2024).

Baca Juga: Video: Nelayan di Baubau jadi Kurir Sabu Demi Biaya Hidup Keluarga

Pelantikan kedua pejabat tersebut terbilang lama, alias dua bulan kemudian baru dilantik pasca mereka lolos tiga besar dalam lelang jabatan eselon II Pemkot Baubau yang diumumkan pada Maret 2024 lalu.

Pj Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi menjelaskan, pelantikan ini merupakan hasil dari seleksi terbuka yang telah dilakukan dengan ketat, sesuai dengan prosedur hukum dan mendapat persetujuan dari berbagai instansi terkait, termasuk KASN, BKN, dan Kemendagri.

Ia menegaskan, pelantikan ini penting dalam menjaga kontinuitas pemerintahan, meningkatkan pelayanan publik, serta memperkuat kaderisasi dan regenerasi kepemimpinan.

"Saya ucapkan selamat kepada kedua pejabat yang baru dilantik, mereka adalah pilihan terbaik dari hasil seleksi yang ketat," ungkapnya.

Baca Juga: Ratusan Liter Miras Cap Tikus Dimusnahkan di Baubau

Manafi juga menyoroti pentingnya promosi, rotasi, dan mutasi dalam organisasi pemerintahan sebagai strategi untuk penyegaran dan optimalisasi kinerja.

Eko Prasetya, yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menegaskan komitmennya untuk bekerja sama dengan guru dan staf lainnya dalam mencapai visi Kota Baubau sebagai daerah maritim yang unggul dan meningkatkan literasi dan kearifan lokal budaya di Kota Baubau sehingga dapat mencetak generasi emas di tahun 2045.

"Kami berkomitmen untuk berkolaborasi mewujudkan impian bersama, salah satunya adalah mewujudkan Kota Baubau sebagai daerah maritim di Indonesia timur serta meningkatkan literasi dan budaya di Kota Baubau," ungkapnya. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga