Lantik Sekda, Ini Pesan Ali Mazi kepada Hj Nur Endang Abbas

Siswanto Azis, telisik indonesia
Senin, 03 Agustus 2020
0 dilihat
Lantik Sekda, Ini Pesan Ali Mazi kepada Hj Nur Endang Abbas
Suasana pelantikan Sekda Sulawesi Tenggara oleh Gubernur Ali Mazi. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Saya ucapkan selamat kepada Ibu Nur Endang sebagai Sekda Sulawesi Tenggara, dan beliau ini juga merupakan salah satu putri daerah Sulawesi Tenggara. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, SH secara resmi melantik dan mengambil sumpah Dr. Hj Nur Endang Abbas, SE. M.Si sebagai Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pelantikan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Ketua DPRD Sultra dan para Forkompinda se-Sulawesi Tenggara, berlangsung di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Senin (3/8/2020).

"Saya ucapkan selamat kepada Ibu Nur Endang sebagai Sekda Sulawesi Tenggara, dan beliau ini juga merupakan salah satu putri daerah Sulawesi Tenggara," ungkap Ali Mazi.

Gubernur mengatakan, Sekda adalah jabatan struktural tertinggi di lingkup pemerintah daerah dan merupakan wakil dari pemerintah pusat.

“Sehingga pengisian jabatan Sekda Sultra ini harus sesuai dengan standar kompetensi dan perundang-undangan yang berlaku,” kata Ali Mazi.

Selain itu, lanjut Ali Mazi, seorang Sekda harus memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spritual, sebab tugas yang diemban oleh seorang Sekda sangat berat.

"Selain harus memiliki kecerdasan intelektual, harus juga ditunjang dengan kecerdasan emosional dan spritual karena ini tugas yang berat bagi seorang Sekda,” katanya.

Baca juga: Undangan Pelantikan Sekprov Sultra Ikuti Rapid Test dan Ukur Suhu Tubuh

Gubernur Ali Mazi juga mengaku, untuk mendapatkan figur Sekda Sultra yang baru ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara telah melakukan seleksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita sudah seleksi figur Sekda sesuai aturan yang berlaku sampai ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),” katanya.

Untuk itu, Ali Mazi menginstruksikan beberapa hal di antaranya, segera melakukan evaluasi terhadap seluruh kebijakan program pemerintah daerah yang efektif, efisien dan akuntabel.

“Pastikan program berpihak kepada rakyat dalam pengentasan kemiskinan, penurunan angka pengangguran, dan peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan,” tuturnya. 

“Sekda juga harus mampu mendorong investasi, perkuat komunikasi dan kolaborasi secara efektif dan harmonis,” kata Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi berharap Sekda dapat memperkuat koordinasi, komunikasi, secara efektif dan harmonis. Bukan saja kepada pemimpin Provinsi Sulawesi Tenggara, tetapi juga terhadap DPRD Provinsi Sultra dan instansi vertikal untuk kepentingan daerah.

"Sekda juga harus bisa mewujudkan tatakelola keuangan daerah yang bersih, melakukan penataan birokrasi dan persiapan ASN menjadi sumber daya aparatur yang bekerja secara profesional, melayani masyarakat dengan hati," tegas Ali Mazi.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga