Liga Tarkam Kemenpora RI 2023 di Konawe Resmi Digelar

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 30 Agustus 2023
0 dilihat
Liga Tarkam Kemenpora RI 2023 di Konawe Resmi Digelar
Pembukaan kejuaraan Liga Tarkam Kemenpora RI di Kabupaten Konawe resmi digelar. Foto: Ist.

" Kejuaraan antar kampung (tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) resmi dibuka di halaman Kantor Bupati Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Kejuaraan antar kampung (tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) resmi dibuka di halaman Kantor Bupati Konawe, Rabu (30/8/2023).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) melalui Deputi dan Olahraga Masyarakat, Suriati mengapresiasi kepada Bupati Konawe dan jajarannya karena telah mempersiapkan agenda kejuaraan tarkam secara baik dan meriah.

Suriati menyebut, ada 100 titik yang dicanangkan Kemenpora pada tahun 2023 sebagai tuan rumah kejuaraan tarkam ini dan salah satunya adalah Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Konawe Selatan Punya Kampung Bebas Narkoba

"Ini kedatangan saya yang kedua kalinya, pertama waktu itu saya bawa program pestival olahraga dan senam bersama," katanya.

Pemda Konawe menjadi tuan rumah Liga Tarkam Kemenpora RI. Foto: Ist.

 

Deputi dan Olahraga Masyarakat Kemenpora RI ini menyebut, selain Liga Tarkam ada tiga program yang dibawa oleh Kemenpora yakni pelatihan industri olahraga, pameran UMKM, Kemenpora juga membawa peralatan olahraga.

"Semua ini untuk meningkatkan partisipasi olahraga dan kebugaran jasmani masyarakat Kabupaten Konawe," katanya.

Ia berharap, program liga tarkam ini adalah satu produk dari Kemenpora, tentunya atas instruksi dari Presiden untuk menggerakan  masyarakat dalam berolahraga tidak hanya dalam rangka prestasi.

"Tetapi utamanya selalu menggerakan masyarakat untuk selalu aktif berolahraga, kemungkinan nanti ada bibit atlet yang kita dapat dari pelaksanaan kegiatan liga Tarkam," ujarnya.

Penyambutan Menpora yang diwakili Deputi Olahraga Masyarakat, Suriati dalam pembukaan Liga Tarkam di Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

 

Sehingga, lanjutnya, tujuan mencapai Indonesia ditahun 2045 tercapai 70 persen masyarakat Indonesia bisa harus bugar pada tahun 2045.

"Ini tantangan kita semua. Ini juga bisa menjadi peluang untuk Kabupaten Konawe menggerakan masyakatnya tetap aktif berolahraga," imbuhnya.

Sementara itu, Sekrestaris Daerah (Sekda) Konawe, ferdinand Sapan menyampaikan, pesan dari bupati yang berterima kasih atas program yang telah dikucurkan oleh Kemenpora.

Ferdinand mengatakan, itu adalah program yang kedua dan mudah-mudahan berkelanjutan, selain itu, Pemerintah Daerah Konawe juga telah mempersiapkan Fasilitas olahraga yang diharapkan ke depan bisa mendorong semangat anak-anak muda untuk lebih berprestasi.

Lebih lanjut, Ferdinand menyebut, ada beberapa cabang olahraga menjadi andalan Kabupaten Konawe, salah satunya yakni bulutangkis dan cabang olahraga angkat besi.

"Ini yang kami dorong rencana dipembangunan daerah jangka menengah ada dua cabang olah raga, tapi tidak terlepas olahraga yang memang digemari yaitu bola dan voli serta takraw dan ini menjadi olahraga yang sering kita kembangkan," ujarnya.

Pembukaan Liga Tarkam Kemenpora RI di Kabupaten Konawe resmi di gelar. Foto: Ist.

 

Ia meminta, kepada seluruh atlet Pemerintah Daerah Konawe melalui Kemenpora 2030 dan 2044 ke depan merupakan masa-masa emas masyarakat Indonesia, terutama bagi anak-anak muda yang usianya produktif.

"Di mana menjadi harapan juga sekaligus menjadi tantangan kita tidak cuma bisa menguasai teknolgi keterampilan dan kualifikasi. Tapi juga yang paling penting adalah kita sehat, sehingga apa yang dilakasanakan pemerintah melalui Kemenpora. Apa yang telah dilanjutkan secara berkelanjutan akan kami lanjutkan melalui program-program yang ada di Dinas pemuda dan olahraga," tuturnya.

Sementara itu Ketua Panitia Liga Tarkam Kabupaten Konawe, Jahiudin mengatakan, Pemda Konawe sangat merasa bangga dengan kegiatan yang diberikan dari Kemenpora.

Baca Juga: Konawe jadi Tuan Rumah Kejuaraan Antar Kampung Kemenpora 2023

"Karena dari sekian ratus kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Alhamdulillah di Indonesia program Liga Tarkam ini ada 32 kabupaten, salah satu kordinatnya di Sulawesi Tenggara. Pada kesempatan ini kami berterima kasih kepada bapak Kemenpora dalam hal ini di wakili Deputi Bidang Olah Raga Masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Konawe ini mengatakan, di kejuaraan Liga Tarkam ini, sebanyak lima cabang olahraga akan dipertandingkan, diantaranya atletik, basket, voli, tenis meja, dan bulu tangkis.

"Kegiatannya itu ada beberapa cabang olahraga, yang pertama voli ball, yang diundang itu semua kecamatan. Kemudian atletik khusus untuk pelajar dan bulu tangkis umur 17 tahun ke bawah," tutup Jahiudin.  (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga