Lukman Abunawas Nilai Ulama dan Pemerintah Harus Sinkron

Mohamad Lukman Saputra, telisik indonesia
Minggu, 24 Januari 2021
0 dilihat
Lukman Abunawas Nilai Ulama dan Pemerintah Harus Sinkron
Suasana penutupan Musda ke VI MUI Sultra yang ditutup resmi oleh Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas. Foto: Lukman/Telisik

" Jika kedua unsur tersebut senantiasa bersikap dan berperilaku baik serta amanah dalam menjalankan perannya masing-masing, maka insya Allah kondisi bangsa dan daerah akan selalu mendapatkan rahmat Allah dan dijauhkan dari malapeka, yani Umaro (Pemerintah) dan Ulama. "

KENDARI, TELISIK.ID - Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas menilai pemerintah dan ulama harus saling sinkronisasi dalam daerah dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan pada penutupan Musyawarah Daerah (Musda) ke VI Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (24/1/2021). Kegiatan tersebut berlangsung sejak Jumat (22/1/2021) malam, dan dibuka oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Menurut Lukman Abunawas, ada dua unsur penting di tengah masyarakat yang ketika baik dan amanah dalam menjalankan fungsinya akan membuat daerah mendapatkan rahmat serta dijauhkan dari malapetaka. Kedua unsur tersebut ialah Ulama dan pemerintah.

"Jika kedua unsur tersebut senantiasa bersikap dan berperilaku baik serta amanah dalam menjalankan perannya masing-masing, maka insya Allah kondisi bangsa dan daerah akan selalu mendapatkan rahmat Allah dan dijauhkan dari malapeka, yani Umaro (Pemerintah) dan Ulama," terangnya.

Baca juga: Kehadiran Nakes Jadi Kendala, Vaksinasi COVID-19 di Kendari Baru 35 Persen

Oleh karenanya, tamba dia, Gubernur Sultra, Ali Mazi yang menjadi pelindung dan penasihat MUI Sultra, juga telah berkomitmen untuk selalu seiring dan sejalan dengan para Ulama dalam setiap kebijakanya.

Alasanya, karena ketika Ulama dan pemerintah sejalan dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat, semua program yang dicanangkan akan hidup, berimbang serta sukses karena adanya saling dukung antara keduanya.

Pada Musda kali ini, Drs. KH. Mursyidin, M.HI kembali terpilih menjadi Ketua Umum MUI Sultra selama lima tahun kedepan.

Dengan terpilihnya, Drs. KH. Mursyidin akan merangkul semua kalangan untuk bersama-sama mencari solusi atas permasalahan yang ada. (B)

Reporter: Mohamad Lukman Saputra

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga