Transportasi Bus di Kendari Sediakan Angkutan Kota dan Sewa Luar Kota

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 02 Agustus 2023
0 dilihat
Transportasi Bus di Kendari Sediakan Angkutan Kota dan Sewa Luar Kota
Bus Trans Lulo sebagai layanan transportasi umum masyarakat Kota Kendari dengan harga terjangkau. Foto:Erni Yanti/Telisik

" Bus Trans Lulo adalah program strategis pemerintah khususnya di kawasan perkotaan, tujuannya untuk mengurangi kemacetan dan pencemaran, serta efisiensi tata kelola "

KENDARI, TELISIK.ID - Bus Trans Lulo merupakan transportasi angkutan penumpang yang terdiri dari 2 model keberangkatan, yakni untuk rute dalam kota dan luar Kota Kendari, dengan sewa rombongan.

Adapun rute dalam Kota Kendari bus Trans Lulo terdiri dari Terminal Baruga-RSUD Bahteramas-Pasar PKL, Terminal Baruga-RSUD Bahteramas, Terminal Baruga-kantor gubernur-Pasar Sentral Kota, Terminal Baruga-kantor gubernur-Pasar PKL.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Kendari, Arifin Rauf mengatakan, penyediaan bus angkutan kota di seluruh ibu kota provinsi bertujuan untuk efesiensi dan pelayanan kepada masyarakat.

Arifin menambahkan, bus Trans Lulo adalah program strategis pemerintah khususnya di kawasan perkotaan, tujuannya untuk mengurangi kemacetan, efisiensi tata kelola dan mengurangi pencemaran.

"Harusnya semua kota, tapi yang diutamakan dulu ibu kota provinsi sebagai sistem transportasi nasional yang turun ke daerah," bebernya.

Baca Juga: Bangun Infrastruktur Transportasi Pj Bupati Diskusi Bareng Menteri Perhubungan

Sementara Kasubag Tata Usaha Trans Lulo, Rusmini Paturusi menjelaskan, bus ini tidak melewati jalur operasi trayek angkot, melainkan hanya pada rute-rute yang disediakan jalur luar angkot saja. Sedangkan tarifnya akan disesuaikan dengan angkutan umum.

"Tarif per orangnya satu karcis dengan harga Rp 3.500, namun kemudian akan disesuaikan dengan angkutan umum saat ini," bebernya.

Sedangkan bus Trans Lulo akan beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 18.00 Wita dengan target penumpang anak sekolah, ASN, dan pengunjung rumah sakit yang dilalui bus.

Baca Juga: Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara Tingkatkan Layanan Transportasi Darat

Kata Rusmini, bus Trans Lulo memiliki sistem operasi seperti angkutan umum yang melewati halte-halte keberangkatan dan penjemputan penumpang.

"Sistemnya seperti angkot yang memiliki halte, namun tidak sama dengan AKDP atau Damri," tuturnya.

Trans Lulo memiliki kapasitas penumpang 20 hingga 45 orang, dengan fasilitas yang memadai dan luas, membuat penumpang merasa nyaman selama perjalanan. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga