Mahasiswa Papua di Surabaya Tuntut Kemerdekaan Papua Barat

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 01 Desember 2020
0 dilihat
Mahasiswa Papua di Surabaya Tuntut Kemerdekaan Papua Barat
Aksi mahasiswa papua barat tuntut kemerdekaan di Surabaya. Foto: Try Wahyudi/Telisik

" Pada tahun 1961 silam telah dideklarasikan kemerdekaan Papua. Dan saat ini serentak secara nasional dan di Papua bahkan secara internasional digelar aksi demonstrasi peringatan kemerdekaan. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ratusan mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua menggelar aksi di depan Grahadi, Surabaya, Selasa (1/12/2020).

Dalam aksinya tersebut mereka mendesak adanya kemerdekaan Papua  Barat atau lebih dikenal dengan West Papua.

Juru Bicara Alian Mahasiswa Papua, Rudy Wonda mengatakan, aksi dan tuntutan kemerdekaan digelar karena bertepatan tanggal 1 Desember adalah deklarasi kebangsaan bangsa Papua.

Baca juga: Pembuatan Taman Halaman Sekretariat DPRD Sumut Dikritik

“Pada tahun 1961 silam telah dideklarasikan kemerdekaan Papua. Dan saat ini serentak secara nasional dan di Papua bahkan secara internasional digelar aksi demonstrasi peringatan kemerdekaan,” katanya.

Rudy mengungkapkan, dengan adanya deklarasi tersebut maka mahasiswa Papua yang ada di Surabaya mendesak dan menuntut adanya pengakuan kemerdekaan Papua barat.

“Demi kepentingan PT Freeport akhirnya pemerintah Indonesia mengakui kalau Papua merupakan wilayah bagiannya. Hal ini sudah terjadi sejak jaman pemerintahan Soekarno. Dimana memanfaatkan SDA Papua untuk mengeruk keuntungan tanpa melibatkan warga pribumi Papua,” jelasnya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga