MAN IC Kendari Raih Tiga Mendali di Ajang Internasional IABO

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Senin, 11 Juli 2022
0 dilihat
MAN IC Kendari Raih Tiga Mendali di Ajang Internasional IABO
Siswa-siswi MAN IC Kendari yang berhasil meraih dua mendali perak dan satu mendali perunggu di ajang Internasional IABO 2022. Foto: Ist

" MAN Insan Cendekia (IC) Kendari kembali meraih prestasi di kancah internasional "

KENDARI, TELISIK.ID - MAN Insan Cendekia (IC) Kendari kembali meraih prestasi di kancah internasional, yaitu di ajang International Applied Biology Olympiad (IABO), yang diselenggarakan oleh The Indonesian Scientific Society (ISS).

Prestasi tersebut, diraih oleh Muh Ilham Jumaris, Nur Farah Fadillah, dan Chalissa Maia Reyqaz, dengan torehan dua mendali perak dan satu perunggu.

ISS merupakan Lembaga Perhimpunan Ilmiah Indonesia dengan visi utamanya memajukan dunia ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia, melalui 3 bidang program, yaitu kolaborasi, kompetisi dan pengembangan.

Tahun 2022, IABO dilaksanakan secara online dan offline yang diikuti dari berbagai negara. Setelah mengikuti babak penyisihan dan babak semifinal yang dilaksanakan secara online, sebanyak tiga orang siswa dari MAN Insan Kota Kendari berhasil lolos ke babak final bersama 120 peserta lainnya dari 10 negara yang lolos, yaitu Indonesia, Malaysia, Peru, Kazakhstan, Mexico, Vietnam, Filipina, Thailand, China, dan Singapore.

Baca Juga: Tingkat Hunian Hotel Sulawesi Tenggara Alami Peningkatan

Salah satu peraih mendali yaitu, Nur Farah Fadillah mengatakan, tahap demi tahap mulai dari semifinal sampai final, mengajarkan dirinya  bahwa public speaking sangat dibutuhkan disamping pengetahuan teori biomedis.

"Dari kompetisi ini juga saya temukan pengalaman terbaik, yaitu mengenal peserta lain dengan berbagai potensinya. Dan ini akan ku jadikan sebagai inspirasi, agar dapat menjadi lebih baik ke depan," ucapnya, Senin (11/7/2022).

Peserta lainnya, Muh. Ilham Jumaris mengungkapkan dalam ajang lomba ini, kunci utamanya adalah kreatifitas, kepercayaan diri, dan skill dalam mengerjakan studi kasus dengan baik dan benar.

"Intinya banyak pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan dari ajang ini, di mana kita dilatih untuk bisa memahami konsep pengetahuan, bagaimana cara mengerjakan sebuah problem secara ilmiah dan lain sebagainya. Artinya kami dituntut untuk benar-benar harus memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi, untuk bisa menjadi yang terbaik," katanya.

Sementara itu, Kepala MAN IC Kendari, Dr. H. Muhammad Naim mengucapkan rasa bangga dan bersyukur atas raihan prestasi ketiga siswanya, karena mereka mampu memberikan prestasi pada ajang Internasional untuk MAN IC, bahkan untuk masyarakat Sutra.

Baca Juga: Sembelih 17 Hewan Kurban, Ponpes Baron Kendari Patut Jadi Contoh

"Semoga ini menjadi sebuah motivasi bagi siswa-siswi lainya, untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi. Dan saya berpesan kepada ketiga siswa yang berhasil meraih prestasi di ajang internasional, jangan mudah puas, selalu terus belajar dan mengembangkan kemampuan, karena raihan ini merupakan sebuah awalan, untuk kedepannya harus terus menjadi baik dan lebih baik lagi," ujarnya. (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga