Sembelih 17 Hewan Kurban, Ponpes Baron Kendari Patut Jadi Contoh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 10 Juli 2022
0 dilihat
Sembelih 17 Hewan Kurban, Ponpes Baron Kendari Patut Jadi Contoh
Proses pemotongan daging hewan kurban di Ponpes Al Ihsan Baron Kendari. Foto: Ist.

" Untuk tahun ini, Ponpes Al Ihsan Baron Kendari menyembelih sebanyak 17 ekor hewan kurban terdiri dari 13 ekor sapi dan 4 ekor kambing "

KENDARI, TELISIK.ID - Selain ibadah haji, salah satu amalan di hari raya Idul Adha yang dianjurkan adalah menyembelih hewan kurban.

Masjid, yayasan hingga pondok pesantren pun melakukan penyembelihan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1443 H ini. Salah satunya Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Baron Kendari.

Pengasuh Ponpes Al Ihsan Baron Kendari, KH Amrin Amrullah mengatakan, penyembelihan hewan kurban ini dilakukan selama dua hari.

Untuk tahun ini, kata dia, sebanyak 17 ekor hewan kurban terdiri dari 13 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Hewan kurban tersebut di antaranya patungan dari beberapa orang tua santri dan warga sekitar.

Baca Juga: Diguyur Hujan, Ratusan Warga Tetap Antusias Salat Idul Adha hingga Jalan Raya

"Alhamdulillah tahun ini menjadi tahun keempat Ponpes Al Ihsan Baron menyembelih hewan kurban," katanya kepada Telisik.id, Minggu (10/7/2022).

Adapun daging kurban dibagikan kepada ratusan warga sekitar pondok di Kelurahan Anggilowu, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

Muballigh Sulawesi Tenggara ini berharap, semoga momen Idul Adha atau Idul Kurban ini menjadikan umat lebih menyadari pentingnya berbagi dan juga memaknai kurban sebagai bagian dari ketaatan kepada Allah SWT.

"Mari kita meneladani ibadah kurban yang dilakukan keluarga Nabi Ibrahim AS, yang merupakan wujud dari kecintaan dan ketaatan hamba kepada Allah Ta'ala. Dan juga kita harus mengambil hikmah dari ibadah haji, puasa Arafah dan ibadah kurban menuju persatuan umat yang hakiki," pungkasnya.

Selain itu, Pembina Qur’an Ponpes Baron Kendari, Eko Yogyantoro mengungkapkan, pesantren yang beralamat di Jalan Subsidi 2, Kelurahan Anggilowu, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari ini melaksanakan salat Idul Adha 1443 H pada Sabtu (9/7/2022) kemarin.

Baca Juga: Warga Muhammadiyah di Kendari Tunaikan Salat Idul Adha Hari Ini, Sempat Diguyur Hujan

"Pondok salat Idul Adha Sabtu (kemarin). Dan penyembelihan hewan kurban langsung juga dilakukan," ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Kota Kendari, Abu Fatih memberikan apresiasi kepada Ponpes Baron Kendari karena tidak hanya menjadi tempat belajar para santri saja, tapi juga ada kegiatan sosialnya.

"Melalui pelaksanaan kurban ini bisa menumbuhkan jiwa sosial kita. Apalagi yang lakukan Ponpes, masyarakat bisa lebih dekat dengan pesantren, sehingga ini mesti dicontoh oleh lembaga pendidikan Islam lainnya," ujarnya. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga