MAN Insan Cendekia Kendari Terus Tingkatkan Prestasi

Sasmiraza, telisik indonesia
Sabtu, 16 Januari 2021
0 dilihat
MAN Insan Cendekia Kendari Terus Tingkatkan Prestasi
Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Kendari, Abdul Basit. Foto: Sasmiraza/Telisik

" Alhamdulillah, MAN IC Kendari terus mampu berproses meningkatkan kualitas pendidikan. Aspek mutu pembelajaran peserta didik terus meningkat, kegiatan kesiswaan juga lebih terukur dan terarah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Kendari terus lakukan peningkatan prestasi, baik di tingkat nasional maupun ditingkat internasional.

Meski baru berdiri lima tahun sejak 2016 lalu, namun prestasi-prestasi yang telah dicapai tidak kalah bersaing dari sekolah lainnya.

"Alhamdulillah, MAN IC Kendari terus mampu berproses meningkatkan kualitas pendidikan. Aspek mutu pembelajaran peserta didik terus meningkat, kegiatan kesiswaan juga lebih terukur dan terarah," kata Kepala MAN IC Kendari, Abdul Basit, Jum'at (15/01/2021).

Hal ini, lanjut Basit, dibuktikan dengan sejumlah prestasi nasional baik akademik maupun non akademik yang diraih siswa.

Tercatat ada tiga prestasi nasional yang diraih siswa MAN IC Kendari pada 2018, di antaranya Juara 2 Kuis Ki Hajar Dewantara, Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah UISI, dan Juara 3 Passing Challenge Madrasah Robotics Competition.

Di tahun 2019, prestasi siswa meningkat. Mereka tidak hanya berprestasi pada ajang nasional, tapi bahkan juga internasional.

Dimana, siswa MAN IC Kendari menjadi juara 2 Olimpiade Sains Nasional (OSN), Juara 2 Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional, 100 Besar Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional, Juara 2 Kuis Ki Hajar, serta juara 2 dan 3 Olimpiade Bahasa Arab (OBA) tingkat Nasional.

Baca juga: 6 Dampak Negatif Sekolah Online pada Anak

Di tingkat internasional, siswa MAN IC Kendari menjadi peserta Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (YES) di Amerika Serikat dan mendapat Merit Awards Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO).

"Target di tahun 2021 ini juga seharusnya kami sudah meraih prestasi di Internasional, hanya karena COVID-19 beberapa hal kami sempat terganggu, ada beberapa event juga yang harus dibatalkan," tutur Basit.

Dimana, lanjut dia, ada siswa MAN IC yang seharusnya diberangkatkan ke Amerika tahun ini, tapi karena terkendala pandemi COVID-19 sehingga harus dipending.

"Dan juga ada siswa saya angkatan pertama satu orang sekarang lolos beasiswa full di Mosco University, Rusia," sambungnya.

Madrasah binaan Kementerian Agama ini terus mengalami kemajuan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Apalagi, madrasah berbasis asrama ini juga dinilai mampu meletakkan dasar kecerdasan pengetahuan, akhlak mulia, kepribadian serta keterampilan untuk bisa hidup mandiri.

"Harapan saya kedepannya, tentu kami butuh dukungan dari pemerintah kota karena MAN IC hadir karena adanya MoU antara pemerintah Kota Kendari dengan Kementerian Agama Republik Indonesia," tutupnya. (B)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga