Manfaatkan Barang Bekas, Ibu Ini Berhasil Raup Rupiah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 25 Januari 2022
0 dilihat
Manfaatkan Barang Bekas, Ibu Ini Berhasil Raup Rupiah
Photo Frame salah satu handmade Ibu Rachma. Foto: Ist.

" Memiliki hobi dan bakat di bidang seni terutama memanfaatkan barang-barang bekas menjadi nilai ekonomis "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki hobi dan bakat di bidang seni terutama memanfaatkan barang-barang bekas menjadi nilai ekonomis, membuat Rachma Ismail tak sedikit meraih pundi-pundi rupiah.

Bagaimana tidak, meski hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga, tak membuatnya berhenti berkreativitas.

Beberapa handmade berada di tangannya di sulap menjadi barang yang aesthetic dan memiliki nilai jual yang cukup bersaing. Seperti frame photo, wreath fruit, greeting card, flower box, edelweis lamp, flower vases, wall decorations, decorative pillows, flowers from soap, dan beragam produk home decoration lainnya.

"Awalnya ingin punya penghasilan dan tetap produktif walaupun di dalam rumah sebagai ibu rumah tangga. Mulai buat home decoration ini sejak 2016, pertama kali buat itu hanya gantungan kunci, seiring berkembangnya waktu berkembanglah seperti sekarang," ujarnya.

Tak tanggung-tanggung, produk home decorationnya ini bahkan tak sedikit dijadikan buah tangan atau pun oleh-oleh dibawa ke Makassar hingga ke Papua.

"Pernah ada yang pesan dari Kendari bawa ke Makassar, bahkan sampai ke Papua," ujarnya.

Tak sedikit pembeli yang meragukan handmade home decorationnya karena foto yang diunggahnya lewat media sosial sangat menarik dan aesthetic.

"Kadang juga ada yang tanya real picture ji ini? Jadi biasanya saya kirimkan videonya langsung," ujarnya pada Telisik.id, Selasa (25/1/2022).

Hingga kini sudah cukup banyak barangnya yang laku terjual tanpa sempat di foto sebagai dokumentasi.

Baca Juga: Pantas Jadi Sultan, Ternyata Segini Gaji Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Sebulan

"Biasanya kalau ada yang pesan, trus sudah jadi pesanannya. Langsungmi diantar, karena sudah ditunggumi sama yang beli, jadi nda sempat foto untuk dijadikan lagi pajangan produk di Facebook ku," ujarnya.

Mengolah barang-barang bekas memang tak mudah, bahkan ia terkadang mengambil barang yang sudah dibuang, untuk dijadikan sebagai karya seninya.

"Sampah bagi orang lain, duit bagi saya. Saya pernah menerima pesanan souvenir graduation sampe 80 pcs di salah satu kampus di Kendari, jadi tiap ada acara wisuda, biasanya saya yang dipercaya," ujarnya.

Ia memiliki nama brand untuk usahanya sendiri, meski masih dalam skala handmade untuk produk home decorationnya

"Khanza NS Collection itu dari nama brand saya, sekarang promosinya masih sebatas Facebook pribadi, Marketplace Facebook, dan Instagram pribadi atas nama Rachma_putri_ismail," sambungnya.

Baca Juga: Deretan Jam Tangan Termahal di Dunia, Harganya Bisa Bikin 2 Stadion Bola

Meski tak selamanya mulus, usaha yang dilakoninya juga ada beberapa duka yang ia alami

"Pernah ada customer berniat membeli, tapi da tawar harga miring sekali, ini saja beberapa bahannya ada yang saya pesan khusus, karena di Kendari sendiri beli dreid flower lumayan mahal," tutupnya.

Salah seorang customer, Asrija Sri mengaku, selama ini bingung mencari kado. Namun saat ini sudah tidak lagi.

"Sempat bingung kalau hari spesial mau kasi kado apa, tapi sejak tau ada gift cantik begini sudah nda ragu mi lagi," ujarnya. (B)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga