Juara Kaligrafi di Muna Barat, Mahasiswi IAIN Kendari Ini Menuju MTQ Tingkat Provinsi

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 12 Maret 2024
0 dilihat
Juara Kaligrafi di Muna Barat, Mahasiswi IAIN Kendari Ini Menuju MTQ Tingkat Provinsi
Nelsa Januarti peraih juara 1 lomba Kaligrafi Kontemporer kategori putri pada ajang MTQ ke-V di Muna Barat. Foto: Ist.

" Nelsa Januarti, pemudi berusia 20 tahun asal Kabupaten Muna, baru saja meraih juara lomba Kaligrafi kontemporer kategori putri pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-V di Muna Barat, Sulawesi Tenggara "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Nelsa Januarti, pemudi berusia 20 tahun asal Kabupaten Muna, baru saja meraih juara lomba Kaligrafi kontemporer kategori putri pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-V di Muna Barat, Sulawesi Tenggara.

Lomba dengan keahlian membuat lukisan berdasarkan makna ayat Al Qur'an dengan durasi waktu selama delapan jam itu, berhasil diselesaikan oleh Nelsa meski dengan persiapan yang sangat minim

“Tentu saya latihan tapi tidak maksimal, karena saya juga disibukkan dengan PPL di sekolah. Jadi pada saat saya ikut lomba, H-1 baru saya latihan,” kaya Nelsa, Selasa (12/3/2024).

Saat mengikuti lomba, Nelsa sempat berkecil hati untuk bisa menjuarai ajang tersebut, mengingat persiapan yang minim ditambah dirinya harus berhadapan dengan para pelukis handal yang lebih senior darinya.

Baca Juga: Dalam 3 Tahun, Santri Ponpes Baron Kendari Ini Hafal 30 Juz Al-Qur'an

“Salah satunya saya kurang latihan dan apalagi lawan saya juga bagus-bagus dan senior-senior. Tetapi saya tetap berusaha untuk tampil maksimal di hari lomba. Saya sebenarnya tidak menyangka karena banyak saingan tapi saya sangat bersyukur bisa juara satu,” katanya.

Atas pencapaian tersebut, Nelsa menjadi lebih termotivasi untuk terus mengembangkan bakatnya demi mempersiapkan diri di ajang MTQ Tingkat Provinsi Sultra nantinya, pada cabang lomba serupa.

“Ini juga memotivasi saya untuk bisa tampil lebih baik lagi di tingkat provinsi sebagai perwakilan Kabupaten Muna barat nantinya di konut,” harapnya.

Baca Juga: Meski Yatim Piatu, Mahasiswi di Kendari Ini Tetap Tuai Prestasi Nasional

Nelsa yang merupakan salah satu mahasantri di Ma’had Al-Jamiah IAIN Kendari, adalah seorang pandai bergaul, senang akan seni musik, dan kaligarfi. Hal tersebut disampaikan Yupita, salah satu Musyrifah di Ma’had Al-Jamiah IAIN Kendari.

“Keseharian Nelsa cukup aktif, dia bergaul dengan banyak teman. Nelsa memang menonjol bakatnya di bidang seni khususnya menyanyi dan kaligrafi Al-Qur'an. Selain itu di Ma'had Nelsa bergabung dalam grub hadrah. Dia juga sering menjuarai lomba-lomba menyanyi dan kaligrafi di berbagai event,” sebut Yupita, Selasa (12/3/2024).

Wa Ode Wuna selaku ibu Nelsa, mengungkapkan sejak kecil Nelsa sudah senang menggambar di berbagai media dan berkreasi dari bahan-bahan yang sederhana.

“Kalau untuk pendidikan khusus tidak ada, hanya pendidikan di SD. Hanya kalau di rumah rajin menggambar kalau bukan di buku, di dinding rumah atau di tanah. Mulai dari umur 3 tahun. Kalau bermain sama teman-temannya ada saja kreasinya untuk bikin sesuatu hiasan, baik itu dri rerumputan, bunga, dan lain-lain,” ujarnya, Selasa (12/3/2024). (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga