Masyarakat Antusias dan Teredukasi Hadiri Pameran Peralatan Dapur Tradisional Sulawesi Tenggara

Siti Nabila, telisik indonesia
Senin, 09 September 2024
0 dilihat
Masyarakat Antusias dan Teredukasi Hadiri Pameran Peralatan Dapur Tradisional Sulawesi Tenggara
Antusias pengunjung dalam pameran dapur tradisional Sultra di ruang pameran temporer. Foto: Nabila/Telisik

" Pameran peralatan dapur tradisional yang diselenggarakan di Ruang Pameran Temporer UPTD Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra, Senin (9/9/2024), mendapatkan sambutan positif masyarakat dan pelajar dari beberapa sekolah di Kendari dan sekitarnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Pameran peralatan dapur tradisional yang diselenggarakan di Ruang Pameran Temporer UPTD Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra, Senin (9/9/2024), mendapatkan sambutan positif masyarakat dan pelajar dari beberapa sekolah di Kendari dan sekitarnya.

Pameran yang berlangsung selama lima hari, hingga Jumat (13/9/2024), ini menampilkan berbagai peralatan dapur tradisional dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara, antara lain cobek, lesung, tungku, dan banyak lagi yang dipamerkan.

Ika Apryanti, salah seorang pengunjung Museum menilai bahwa pameran peralatan dapur tradisional Sultra ini untuk mengenalkan dan melestarikan budaya lokal kepada generasi muda.

Baca Juga: UPTD Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara Pamerkan Peralatan Dapur Tradisional

“Kegiatan ini sangat bagus, menyadarkan kami pentingnya melestarikan budaya sehingga bisa dinikmati generasi selanjutnya,” tutur Ika, mahasiswi Universitas Halu Oleo (UHO).

Pantauan telisik.id, selama pameran berlangsung, siswa tampak sangat antusias berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka ramai bergantian berswafoto di depan peralatan dapur yang dipamerkan.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UHO Bantu Cara Atasi Banjir di Desa Lalonggowuna Konawe

Peserta pameran juga mengapresiasi acara ini sebagai kesempatan berharga untuk belajar mengenal dan mempelajari cara hidup nenek moyang dahulu.

“Saya sangat senang bisa ikut serta dalam acara ini. Selain mendapatkan wawasan baru tentang peralatan dapur tradisional, saya juga merasa lebih dekat dengan budaya lokal,” ungkap Agus Handrawan, siswa SMAN 4 Kendari.

Melihat antusias para pengunjung pameran, Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra, Laudin, mengaku senang melihat bahwa minat masyarakat terhadap budaya lokal masih ada di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga