Melimpahnya Rambutan di Walambeno Wite Muna

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
Melimpahnya Rambutan di Walambeno Wite Muna
Melimpahnya buah rambutan tahun ini di Kelurahan Walambeno Wite setelah 3 tahun tidak berbuah. Foto: Wa Ode Fatima Azzahra/Telisik

" Rambutan adalah jenis buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini memiliki kulit merah atau hijau dan daging putih yang manis dan lezat "

MUNA, TELISIK.ID - Rambutan adalah jenis buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini memiliki kulit merah atau hijau dan daging putih yang manis dan lezat.

Rambutan memiliki biji kecil dan keras di tengah daging buah. Buah ini sangat populer di Asia dan beberapa negara tropis lainnya, dan sering dikonsumsi segar, dalam bentuk jus atau manisan.

Sejak 3 tahun lalu, pohon rambutan yang ada di Kelurahan Walambeno Wite, Kabupaten Muna tidak memiliki buah, para petani juga tidak mengetahui penyebabnya, namun tahun ini buahnya sangat melimpah.

La Ode Hamilu salah satu petani rambutan mengaku, kali ini omset penjualan naik drastis dibandingkan tahun sebelumnya.  

Baca Juga: Antrean Panjang BBM di SPBU Muna Teratasi

Biasanya jika diborong perpohon hanya mencapai Rp 17.000.000 namun kali ini mencapai Rp 28.0000. Ia juga bersyukur dengan hal ini terlebih 3 tahun belakangan rambutan miliknya tidak berbuah.

La Dhabu selaku pemborong rambutan mengaku menjual rambutan ke Kota Baubau, ia menjual kembali ke pedagang-pedagang eceran. Ia menjelaskan, rambutan yang ada di Kota Baubau juga cukup melimpah. Namun hal itu tidak mengurangi minat pembeli terlebih jika buah rambutan masih segar.

Baca Juga: PT VDNI Bangun Sekolah Dasar Rp 8.8 M

Untuk kali pertama memetik ia menjual hingga Rp 25.000 per Kg, namun kali ini harganya turun menjadi Rp 23.000 per Kg.

Hal ini dikarenakan banyaknya buah rambutan dari berbagai daerah lain. Namun hal itu tidak membuat dirinya rugi karena buah rambutan yang ia jual selalu habis terjual. (B)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga