Membangun Emansipasi Perempuan Melalui HUT DWP ke-23

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 17 Desember 2022
0 dilihat
Membangun Emansipasi Perempuan Melalui HUT DWP ke-23
Pemotongan tumpeng di acara puncak perayaan hari ulang tahun Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sulawesi Tenggara. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Perayaan HUT DWP Sulawesi Tenggara ke-23 dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Perempuan punya peran penting dalam setiap sektor, terutama pemerintahan. Seperti halnya istri para pemangku kebijakan, meskipun tidak terlibat langsung dalam meramu kebijakan yang ada, mereka menjadi pondasi utama yang menentukan kinerja pejabat publik sekaligus contoh pendidik yang baik bagi generasi bangsa.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sulawesi Tenggara, sebagai organisasi persatuan istri ASN di Sulawesi Tenggara, memperingati hari ulang tahunnya yang ke-23 dengan tema membangun perempuan cerdas untuk memperkuat ketahanan keluarga di era digital.

Ketua DWP Sulawesi Tenggara, Wa Ode Munanah Asrun Lio mengatakan, tema itu diangkat sebagai upaya emansipasi perempuan Indonesia untuk mengembangkan diri dan berkontribusi nyata dalam meningkatkan ketahanan keluarga.

"Untuk Dharma Wanita Persatuan, mari kita bergerak untuk membangun daerah Sulawesi Tenggara khususnya, dan Indonesia umumnya, dengan semangat pemberdayaan dan penguatan kepemimpinan perempuan," ucapnya pada puncak perhelatan DWP, Jumat (16/12/2022).

Ketua panitia HUT DWP Sulawesi Tenggara, Andi Asnawati Mustari mengatakan, beberapa tujuan perayaan HUT DWP tahun ini, antara lain meningkatkan kinerja DWP khususnya di bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial, menggerakkan DWP dan masyarakat untuk membaca, meningkatkan kepedulian dan kesetiakawanan sosial antar anggota DWP, serta turut mendukung dan mensosialisasikan kebijakan pemerintah.

Baca Juga: Komunitas Pemuda Penggerak Kebersihan Siap Ciptakan Kendari Bersih

Perayaan HUT DWP Sulawesi Tenggara ke-23 dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan. Rangkaian kegiatan tersebut antara lain lomba video senam DWP se-Indonesia, khitanan massal dan donor darah, juga mengadakan berbagai macam lomba untuk anggotanya seperti lomba table manner, lomba tennis meja dan lomba karaoke.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Asrun Lio bersama juara umum berbagai lomba dalam rangkaian acara ulang tahun Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sulawesi Tenggara, DWP Sekda Provinsi. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Rangkaian acara HUT DWP Sulawesi Tenggara dibuka dengan kegiatan sunatan massal pada 7 November 2022. Sunatan massal tersebut diperuntukan bagi 80 anak pondok pesantren berusia 8-12 tahun dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.  

Dalam kegiatan tersebut, DWP bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara untuk hal penyediaan peralatan medis dan obat-obatan yang digunakan untuk proses sunat, juga Rumah Sakit Bahteramas dalam penyediaan tenaga kesehatan.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upayanya berkontribusi terhadap program pemerintah dalam menyiapkan generasi yang sehat agar meningkatkan kualitas SDM daerahnya.

Anggota Dharma Wanita Persatua (DWP) Sulawesi Tenggara peserta lomba table manner sebagai rangkaian acara hari ulang tahun DWP ke-23. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Rangkaian kegiatan lain yang dilakukan dalam HUT DWP adalah lomba tenis meja yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan fisik anggota DWP. Selain itu juga diadakan lomba table manner yang dipartisipasi oleh 44 ketua DWP masing-masing OPD di Sulawesi Tenggara.

Juri dalam perlombaan table manner, Zaenal Mustofa mengatakan, table manner penting diketahui oleh para istri pejabat, hal itu untuk menyesuaikan diri saat mereka menghadiri acara jamuan resmi pemerintahan. Ia sendiri melihat sudah sekitar 80 persen peserta lomba tersebut paham aturan table manner.

Baca Juga: Penjualan Kondom Laku Keras Jelang Nataru di Kota Kendari

Puncak perayaan HUT DWP Sulawesi Tenggara berlangsung pada hari Jumat (16/12/2022) di salah satu hotel di Kota Kendari. Dalam perhelatan tersebut, diumumkan pemenang lomba-lomba yang telah dilakukan. DWP Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara menjadi juara umum yang berhasil perebutkan piala bergilir.

DWP Sulawesi Tenggara juga menjadi DWP pertama dalam mengirim video lomba senam DWP se-Indonesia, hal ini mencerminkan bentuk kinerja yang cepat dan keaktifan tinggi anggota DWP Sulawesi Tenggara.

Pj Sekda Sulawesi Tenggara sekaligus penasehat DWP Sulawesi Tenggara, Asrun Lio berharap DWP Sulawesi Tenggara bisa mengaktualisasikan dirinya, berperan dalam membantu program-program pemerintah. (A-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga