Penjualan Kondom Laku Keras Jelang Nataru di Kota Kendari

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 16 Desember 2022
0 dilihat
Penjualan Kondom Laku Keras Jelang Nataru di Kota Kendari
Jelang nataru, penjualan kondom di Kota Kendari laku keras, pembeli rata-rata kaum remaja. Foto: Biaya.Info

" Penjualan kondom di Kota Kendari laku keras untuk kaum remaja, Hal ini selaras dengan kebutuhan pengguna alat Kontrasepsi yang meningkat jelang natal dan tahun baru (nataru) "

KENDARI, TELISIK.ID - Penjualan kondom di Kota Kendari laku keras untuk kaum remaja, Hal ini selaras dengan kebutuhan pengguna alat Kontrasepsi yang meningkat jelang natal dan tahun baru (nataru).

Kondom atau alat kontrasepsi sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan untuk mencegah penularan virus HIV-Aids, olehnya itu kondom banyak tersedia di berbagai apotek bahkan supermarket.

Penjualan kondom pada apotek secara  terang-terangan terpampang pada rak-rak obat terdepan, hal itu menimbulkan kecenderungan bagi para pembeli yang masih di bawah umur  beda halnya dengan yang memiliki status sudah menikah.

Baca Juga: Banjir Disertai Lumpur Rendam Rumah Warga Kota Kendari

Salah seorang apoteker SP (26) yang bekerja di apotek ternama di Kota Kendari, secara gamblang menutukarkan, jika ada komsumen yang menanyakan kondom langsung diarahkan ke depan rak obat.

"Tanpa saya tanya maksud untuk membeli kondom tersebut," tuturnya, Jumat (16/12/2022).

Aturan tentang penjualan kondom memang sudah secara nyata diatur dengan pelarangan penjualan kondom bagi yang di bawah umur, namun hal tersebut sudah menjadi rahasia umum bahwa masih banyak supermarket yang menjual kondom tanpa menanyakan langsung ke pembeli.

Hal ini turut dikatakan oleh salah satu kasir AA (27) supermarket yang cukup terkenal di Kota Kendari. Jika sering pembeli kondom langsung melakukan pembayaran tanpa ragu.

"Langsung bayar sambil menundukan muka  biasanya saya lihat paling banyak remaja, paling jarang yang sudah berumah tangga," kata dia.

Baca Juga: Polri Segera Cipta Kondisi Jelang Nataru

Penjualan kondom di Kota Kendari yang mayoritas remaja butuh banyak perhatian dari pihak terkait, itu untuk mencegah penularan virus HIV-Aids.

Karena sejatinya Kota Kendari berjuluk kota bertakwa seharusnya terhindar dari perilaku-perilaku menyimpang dari norma agama, banyaknya remaja yang menjadi mayoritas pembeli kondom membuktikan merebaknya pergaulan bebas pada remaja Kota Kendari.

Untuk mendalami lebih jauh fenomena ini, tim Telisik.id mencoba meminta informasi dari pembeli kondom yang masih remaja RY (17). "Kalau beli (kondom) di apotek ada rasa malu karena pasti ditanya, mending di supermarket, kalau di sana langsung saja," ucapnya. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga