adplus-dvertising

Memiliki Manfaat Luar Biasa, 7 Buah Ini Disebut Dalam Al-Quran

Haerani Hambali, telisik indonesia
Selasa, 04 Januari 2022
4010 dilihat
Memiliki Manfaat Luar Biasa, 7 Buah Ini Disebut Dalam Al-Quran
Buah tin adalah salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Tak heran bila buah ini memiliki banyak manfaat. Foto: Repro kontan.co.id

" Buah-buahan yang tercantum dalam Al-Qur'an pastinya memiliki manfaat bagi siapa saja yang mengonsumsinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Tercatat ada 7 buah yang disebutkan di dalam Al-Qur'an. Ini menjadikan buah-buahan ini istimewa di mata Islam. Buah-buahan yang tercantum dalam Al-Qur'an pastinya memiliki manfaat bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Berikut 7 buah-buahan yang disebutkan di dalam Al Qur'an, dikutip dari pikiran-rakyat.com.

1. Tin


Melansir idntimes.com, buah tin dikenal juga dengan nama Fig atau Ara. Buah yang satu ini disebut dalam surat At Tiin. Nama At Tiin berasal dari kata At-Tin yang terdapat pada ayat pertamanya, dan memiliki arti buah tin.

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun".

Ditilik dari sisi medis, buah tin ternyata kaya akan serat tinggi, rendah kalori, dan bebas lemak. Tak hanya itu, buah tin yang manis lagi renyah juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, bahkan vitamin C yang terbilang tinggi. 

Tanaman buah tin ini merupakan salah satu tanaman istimewa yang disebutkan dalam Al-Qur’an  dan populer di dunia Islam. Selain itu, buah tin memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh yang telah terbukti.

Tidak hanya buahnya, daun tin juga dikenal memiliki manfaat, salah satunya dapat menurunkan kadar gula darah.

2. Zaitun

Buah zaitun banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Di antaranya disebut dalam surat-surat yang berbeda yaitu surat An Nur, Al An’an, An Nahl, Al Mu’minun, dan Abasa.

Buah zaitun banyak digunakan oleh masyarakat karena dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Buah zaitun juga diambil minyaknya, digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan hingga mengatasi masalah kulit dan kecantikan.

Menurut penelitian, buah zaitun dapat mencegah kanker dan menghambat penuaan dini. Buah zaitun juga membantu proses detoksifikasi dalam tubuh hingga menghaluskan kulit. 

3. Kurma

Kurma merupakan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama saat sahur dan berbuka puasa.

Baca Juga: 10 Manfaat Mempelajari Ilmu Akhlak, Jalan Menuju Surga

Buah ini disebutkan sebanyak 20 kali dalam Al-Qur’an dengan sebutan pohon kurma. Salah satunya dalam surat Qaf ayat 10 yang artinya:

“Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun,” (QS. Qaf: 10).

4. Anggur

Disebutkan dalam Al-Qur’an, buah anggur ternyata salah satu hidangan penghuni surga.

Buah anggur juga diriwayatkan sebagai buah yang sangat disukai Rasulullah SAW. Anggur memiliki berbagai manfaat kesehatan karena kaya akan nutrisi.

Dalam surat Ar Ra'd ayat 4, Allah berfirman:

“Dan di bumi terdapat bagian-bagian yang berdampingan, kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman, pohon kurma yang bercabang, dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama, tetapi Kami lebihkan tanaman yang satu dari yang lainnya dalam hal rasanya. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (Kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti,” (QS. Ar-Ra’d: 4).

Secara medis, anggur memang menawarkan segudang manfaat. Misalnya, direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita liver dan ginjal, meredakan gangguan sistem pencernaan, hingga meminimalisir stres. 

5. Pisang

Dalam surat ke-56 Al-Qur’an, Al Waqiah ayat 29 menyebutkan,

"Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)."

Usut punya usut, pisang memiliki kandungan karbohidrat dan pottasium dengan jumlah yang terbilang banyak. Buah ini dapat memberi efek mengenyangkan, meredakan demam, bahkan melancarkan sistem pencernaan.

Menurut penelitian, buah pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki kandungan seperti air, gula, vitamin, protein, lemak, dan mineral.

6. Delima

Delima merupakan di antara buah yang dicantumkan dalam Al-Qur’an. Buah berwarna merah ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah Delima disebut dalam Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 99 yang artinya:

“…. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak dan dari dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa.” (QS. Al-An’am: 99).

Baca Juga: Tips dan Doa Agar Terhindar dari Ghibah

Delima ternyata mengandung bahan-bahan yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung dan syaraf, serta baik untuk mengontrol kadar gula darah.

7. Mentimun

Banyak yang belum mengetahui bahwa timun termasuk salah satu buah yang disebut dalam Al-Qur’an  dan hadis.

Timun atau mentimun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya dapat menurunkan tekanan darah, memenuhi kebutuhan sumber serat, maupun menangkal radikal bebas.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 61 yang artinya:

“Agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang putihnya, dan bawang merahnya,” (QS. Al Baqarah: 61).

Dalam sebuah hadis, mentimun atau timun juga pernah disebut. Diriwayatkan Aisyah r.a, “Rasulullah SAW sering makan mentimun dicampur dengan kurma basah,” (HR. Tirmidzi). (C)

Reporter: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga