Mengenal Puber Kedua pada Pria dan Wanita Usia 40-an

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 27 Januari 2023
0 dilihat
Mengenal Puber Kedua pada Pria dan Wanita Usia 40-an
Puber kedua dapat disebabkan oleh perubahan kondisi tubuh seperti perimenopause yaitu masa transisi pada wanita sebelum memasuki masa menopause. Foto: Repro Suara.com

" Meski banyak ditujukan pada pria, puber kedua juga bisa terjadi pada wanita. Namun, di dunia medis sebetulnya tidak ada istilah puber kedua "

KENDARI, TELISIK.ID - Pernahkah kalian mendengar istilah puber kedua? Istilah ini kerap dikaitkan dengan perilaku seseorang berusia 40 tahunan yang kembali merasa seperti remaja saat sedang jatuh cinta dengan lawan jenisnya.

Meski banyak ditujukan pada pria, puber kedua juga bisa terjadi pada wanita. Namun, di dunia medis sebetulnya tidak ada istilah puber kedua.

Mengutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah ciri-ciri seseorang yang mengalami puber kedua:

* Lebih memperhatikan penampilan

* Perubahan mood yang lebih fluktuatif

* Stres

* Rendah diri

* Terlalu percaya diri

* Lebih agresif

* Terjadinya perubahan pada hasrat seksual

Baca Juga: Kenapa Seks Itu Enak? Ini Alasannya

Beberapa ciri puber kedua di atas disebut juga midlife crisis. Periode ini dialami oleh 10–20 persen orang paruh baya, yang umumnya berusia di bawah 40 tahun atau di atas 50 tahun. Banyak faktor yang dapat memicu midlife crisis atau puber kedua ini, mulai dari perceraian, kehilangan pekerjaan, hingga kematian.

Selain midlife crisis, puber kedua juga dapat disebabkan oleh perubahan kondisi tubuh seperti perimenopause yaitu masa transisi pada wanita sebelum memasuki masa menopause.

Pada masa ini produksi estrogen oleh ovarium secara bertahap mengalami penurunan hingga benar-benar berhenti dan kemudian memasuki masa menopause.

Sementara itu dikutip dari Kompas.com, menurut Konsultan Andrologi-Urologi, dr Widi Atmoko, SpU(K), pada usia 40an tahun ke atas, pria justru mengalami kebalikan dari pubertas atau andropause, sementara pada wanita terjadi menopause.

"Secara medis tidak ada pubertas kedua."

"Secara definisi, pubertas kalau untuk laki-laki usianya sekitar 14 tahun. Terjadi perubahan suara, timbul jakun. Kalau pada perempuan adanya payudara. Tapi tidak lagi kejadian seperti itu jadi bukan pubertas," ungkapnya.

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik Behubungan Seks

Pada masa andropause atau menopause, pria dan wanita bisa mengalami gejala fisik, psikologis, maupun seksual, seperti memiliki masalah depresi, libido rendah, dan disfungsi seksual. Kondisi inilah yang disebut midlife crisis.

"Secara umum, mungkin karena lingkungan dan sebagainya, dia merasa seperti puber lagi," ucap Widi.

Midlife crisis, yang lebih dikenal dengan istilah puber kedua, ternyata tak dialami oleh semua orang.

Melansir Verywell Mind, sebuah survei bertajuk Midlife in the United States mengeluarkan polling. Survei mengungkapkan, hanya sekitar 26 persen peserta yang mengalami midlife crisis.

Kebanyakan peserta survei melaporkan midlife crisis terjadi sebelum usia 45 tahun atau setelah 50 tahun. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga