Awas, Ini 5 Kesalahan Saat Membangun Otot

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 10 November 2022
0 dilihat
Awas, Ini 5 Kesalahan Saat Membangun Otot
Membangun otot harus direncanakan, termasuk menghindari kebiasaan yang dapat menghambat otot terbentuk. Foto: Repro google.com

" Untuk memiliki otot yang ideal harus melalui upaya yang cukup. Hanya saja ketika membangun otot seringkali ada kesalahan yang dianggap sepele dilakukan "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk memiliki otot yang ideal harus melalui upaya yang cukup. Hanya saja ketika membangun otot seringkali ada kesalahan yang dianggap sepele dilakukan.

Dikutip dari hellosehat.com, proses pembentukan otot pada setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda. Hal ini mungkin tergantung pada faktor usia, jenis kelamin, hingga genetik.

Meski begitu, Anda umumnya membutuhkan beberapa minggu atau bulan untuk melihat perubahan otot dari latihan dan gaya hidup sehat yang konsisten.

Hanya saja dalam proses membentuk otot seringkali ada kesalahan yang dianggap sepele dilakukan. Alhasil, membangun otot yang diinginkan tidak terwujud.

Baca Juga: Ini Penyebab Minuman Soda Berbuih dan Miliki Suara Desisan

Melansir suara.com dari Hindustantimes, seorang Praktisi Ayurveda, Nidhi Pandya Bhanshali menuturkan, terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang dalam membangun otot tubuh, di antaranya sebagai berikut:

1. Makan terlalu banyak protein

Protein pada dasarnya memang memberikan dampak baik, terutama dalam membangun massa otot. Namun, terlalu banyak makan protein justru tidak baik bagi tubuh. Protein berlebih, berisiko membuat ginja, hati, serta hormon yang rusak. Oleh sebab itu, menjaga kuantitas protein yang dikonsumsi sangat diperlukan.

2. Makan jenis protein yang salah

Selain porsinya, jenis protein juga sangat berpengaruh pada pembentukan otot. Dikatakan, beberapa protein tertentu, kacang-kacangan, protein shake, dan tahu justru memengaruhi kesehatan usus.

Untuk itu, usahakan konsumsi protein yang memang sudah teruji baik dalam pembentukan massa otot.

3. Tidak cukup makan lemak

Selain protein, lemak juga menjadi hal penting untuk membangun otot. Lemak menjadi bahan bakar untuk memecah protein sehingga otot dalam tubuh dapat terbentuk.

Sementara itu, orang yang tidak cukup konsumsi lemak dapat menyebabkan otot dalam tubuhnya menjadi rapuh.

4. Mengernyit dan mendengus saat berolahraga

Mengernyit atau mengerutkan dahi dan mendengus saat berolahraga dapat menurunkan asupan oksigen yang masuk serta pecahnya pembuluh darah dalam tubuh.

Baca Juga: Mengapa Saat Hujan Orang Cenderung Ngantuk? Ini Alasannya

Oleh sebab itu, penting untuk mempelajari teknik pernapasan yang tepat sehingga dalam proses membangun otot menjadi lebih efektif.

5. Kurangnya istirahat

Untuk membentuk otot memang diperlukan latihan yang intens dan rutin. Namun, di sisi lain istirahat juga menjadi hal yang penting. Dengan beristirahat, ini akan memberikan perbaikan stamina serta ketahanan dalam tubuh.

Untuk itu, penting menjaga waktu istirahat sehingga tubuh tidak terlalu lelah dan proses membangun otot menjadi lebih maksimal.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang harus dihindari saat membangun otot tubuh. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga