Menkeu: Orang Kaya Nikmati Subsidi Pertalite hingga 60 Persen

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 26 Agustus 2022
0 dilihat
Menkeu: Orang Kaya Nikmati Subsidi Pertalite hingga 60 Persen
BBM subsidi jenis pertalian ikut dinikmati oleh orang yang sangat kaya. Foto: Repro sindonews.com

" Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis pertalite dinikmati 80 persen oleh rumah tangga yang relatif mampu "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis pertalite dinikmati 80 persen oleh rumah tangga yang relatif mampu.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani. Menurutnya, dari 80 persen tersebut 60 persennya dinikmati orang yang sangat kaya. 

Saat ini, kata Sri Mulyani, harga jual eceran pertalite dibanderol Rp 7.650 per liter. Padahal harga asli dari bensin RON 90 ini seharusnya Rp 14.450 per liter.

Artinya, pertalite yang dibeli masyarakat mendapatkan subsidi sebesar Rp 6.800 per liter. Sehingga sangat disayangkan sebagian besar dari subsidi ini dinikmati oleh orang dengan kalangan kelas menengah ke atas.

"Pertalite situasinya sama, dari subsidinya Rp 93,5 triliun, 80 persennya dinikmati oleh rumah tangga yang relatif mampu atau bahkan sangat kaya 60 persennya. Jadi, hampir Rp 60 triliun dari Rp 90 triliunan tadi, masyarakat tidak mampu hanya mengkonsumsi 20 persennya saja," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di gedung Kementerian Keuangan, dikutip dari cnnindonesia.com, pada Jumat (26/8/2022).

Baca Juga: Jika Harga BBM Naik, Pemerintah Siapkan Bansos

"Ini artinya, dengan ratusan triliun kami berikan justru yang menikmati keluarga mampu," tambahnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga mengatakan bahwa BBM jenis pertamax yang tidak masuk dalam penugasan juga turut disubsidi.

Ia mengatakan harga keekonomian untuk BBM jenis pertamax RON 92 seharusnya Rp 17.300 per liter.

Namun, Bendahara Negara itu mengatakan, selama ini harga jual eceran pertamax dibanderol Rp 12.500 per liter. Artinya, Pertamina menanggung subsidi pertamax sebesar Rp 4.800 per liternya.

Baca Juga: Usul DPR: Buat Fatwa Beli BBM Pertalite dan Solar

"Pertamax yang Rp 12.500 seharusnya (dijual) Rp 17.300 per liter. Jadi bahkan pertamax sekalipun yang dikonsumsi mobil-mobil bagus yang pemiliknya mampu, mereka dapat subsidi Rp 4.800 per liter," jelasnya.

Sebelumnya, dikutip dari detik.com, pemerintah sudah memberi sinyal bahwa harga BBM siap-siap akan naik.

Berbagai persiapan pun dilakukan saat ini, bahkan pemerintah sedang menghitung berapa besarannya jika BBM terjadi kenaikan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga