Mentan Dorong Kabupaten Konawe Swasembada Pangan Nasional

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 11 Januari 2024
0 dilihat
Mentan Dorong Kabupaten Konawe Swasembada Pangan Nasional
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama jajaran saat tiba di Kantor Bupati Konawe. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman pastikan ketersediaan pupuk dalam menghadapi masa tanam awal Januari 2024 dalam kondisi aman "

KONAWE, TELISIK.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman pastikan ketersediaan pupuk dalam menghadapi masa tanam awal Januari 2024 dalam kondisi aman. Petani yang akan menanam lebih dari satu kali, akan diberi kuota pupuk lebih dari satu kali.

Menurut Mentan, persoalan pupuk yang selalu dihadapi petani kini sudah ditangani, karena di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi telah menambah anggaran pupuk sebesar Rp 14 triliun.

"Kini, tugas petani adalah terus mempercepat produksi dalam mewujudkan swasembada pangan. Untuk masalah pupuk Alhamdulillah baru 2 bulan saya jadi menteri sudah selesai, InsyaAllah ke depan pupuk tidak ada masalah," ujar Mentan saat menghadiri pembinaan petani penyuluh di Kabupaten Konawe, Kamis (11/1/2024).

Selain dukungan pupuk, Kementerian Pertanian juga terus memberikan bantuan benih unggul dan alsintan dan bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi padi dan jagung sebagai komoditas andalan masa depan bangsa.

Mentan mengatakan, peningkatan produksi wajib dilakukan agar ke depan Indonesia tidak lagi bergantung pada kebijakan impor yang merugikan jutaan nasib petani Indonesia. Sebaliknya, ia berharap Indonesia mampu mencapai swasembada yang berdampak langsung pada kesejahteraan petani.

Baca Juga: Awali Karir Sebagai PPL, Gaji Menteri Pertanian Amran Sulaiman hanya Rp 125 Ribu

Mentan menambahkan, Kabupaten Konawe adalah satu di antara sekian banyak daerah yang harus didorong untuk menjadi daerah penghasil pangan nasional.

"Konawe harus jadi penghasil pangan terbesar di Indonesia. Mengapa demikian, sebab Konawe adalah penopang pangan Sulawesi Tenggara dan bisa memenuhi kebutuhan kita karena memberi suplai ke provinsi lain yang membutuhkan," katanya.

Baca Juga: Kunjungi Konawe, Mentan Dukung Program City Branding Unaaha sebagai Kota Padi

Sebelumnya, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, mengucapkan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas kedatangan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman di Bumi Konawe.

“Mewakili pemerintah daerah Kabupaten Konawe, kami ucapkan selamat datang kepada Pak Menteri,” ujar Harmin Ramba.

Harmin Ramba menerangkan, Mentan RI Andi Amran Sulaiman selama kurang lebih 28 tahun berkarir di Kabupaten Konawe, jadi kedatangannya kali ini sama halnya pulang kampung. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga