Kunjungi Konawe, Mentan Dukung Program City Branding Unaaha sebagai Kota Padi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 11 Januari 2024
0 dilihat
Kunjungi Konawe, Mentan Dukung Program City Branding Unaaha sebagai Kota Padi
Menteri Pertanian Andi Arman Sulaiman berkunjung ke kantor Bupati Konawe untuk bertemu dengan para penyuluh pertanian se-Sulawesi Tenggara. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memberikan dukungan terhadap program City Branding Unaaha sebagai Kota Padi "

KONAWE, TELISIK.ID - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memberikan dukungan terhadap program City Branding Unaaha sebagai Kota Padi. Amran Sulaiman mengatakan, langkah ini akan memperkuat identitas Konawe sebagai pusat pertanian yang berkontribusi besar terhadap ketahanan pangan nasional.

"Mengangkat citra Unaaha sebagai Kota Padi bukan hanya sekadar strategi pemasaran, tetapi juga wujud komitmen pemerintah dalam memajukan sektor pertanian," kata Amran saat berkunjung di Kabupaten Konawe, Kamis (11/1/2024).

Dukungan ini akan diwujudkan dengan menurunkan sejumlah bantuan dan pembinaan kepada para petani. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan hasil pertanian.

Ia memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah Konawe untuk berkolaborasi kepada pihak swasta untuk mendukung penuh program City Branding.

Ia menganggap, program City Branding tidak hanya bicara luas persawahan yang ada, tetapi kerja sama dengan stakeholder lokal merupakan salah satu kunci menuju program itu.

Baca Juga: Mentan RI Bakal Salurkan Bantuan Pertanian Saat Berkunjung ke Kabupaten Konawe

"Sinergi ini dianggap sebagai kunci keberhasilan dalam mengembangkan City Branding Konawe sebagai Kota Padi, " terangnya.

Sebelumnya, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba mengatakan, saat ini luas sawah fungsional atau produktif di Kabupaten Konawe seluas 29 ribu hektare dari potensi sawah sebesar 114 ribu hektare.

"Kita ingin brand Konawe sebagai Kota Padi (makin terkenal). Makanya kita akan optimalkan (sawah produktif) 50 ribu hektare," jelasnya.

Baca Juga: Menteri Pertanian Tiba di Kendari Membawa Kabar Gembira Bagi Petani

Ke depan, pihaknya berharap potensi lahan sawah 114 ribu hektare di Konawe ini bisa tergarap semua.

"Kalau 114 ribu hektare ini optimal, kita akan buat BUMD Bidang Pangan dan rencana itu sudah saya laporkan ke bidang pertanian," bebernya.  

Harmin menyebut jika sektor tanaman pangan Konawe kuat, maka itu akan linier dengan brand Konawe sebagai Kota Padi serta lapangan kerja akan tersebar merata dengan asumsi sektor pertanian hilirisasi. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga