Awali Karir Sebagai PPL, Gaji Menteri Pertanian Amran Sulaiman hanya Rp 125 Ribu

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 11 Januari 2024
0 dilihat
Awali Karir Sebagai PPL, Gaji Menteri Pertanian Amran Sulaiman hanya Rp 125 Ribu
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat melakukan peninjauan penanaman padi di Desa Waworoda Jaya, Kecamatan Tongauna Utara, Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

" Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, memberikan sejumlah bantuan kepada penyuluh pertanian se-Sulawesi Tenggara, di Kabupaten Konawe, Kamis (11/1/2024) "

KONAWE, TELISIK.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, memberikan sejumlah bantuan kepada penyuluh pertanian se-Sulawesi Tenggara di Kabupaten Konawe, Kamis (11/1/2024).

Kunjungan Mentan Amran diawali dari lokasi penanaman padi bersama di Desa Waworoda Jaya, Kecamatan Tongauna Utara untuk melihat secara langsung proses tanam padi.

Mentan Amran yang tiba di Kantor Bupati Konawe kemudian mendatangi satu persatu area pameran hasil pertanian masyarakat lokal.

Dalam temu penyuluh pertanian se-Sulawesi Tenggara, Menteri Pertanian bercerita tentang perjalanan karirnya yang merintis karir dari anggota PPL hingga saat ini menjadi Menteri Pertanian RI.

"Dulu saya jadi PPL naik motor Honda Win DT 2020 AA," ujar Mentan Amran Sulaiman.

Baca Juga: Kunjungi Konawe, Mentan Dukung Program City Branding Unaaha sebagai Kota Padi

Amran bercerita saat dirinya menjadi PPL pada 20 tahun yang lalu dirinya saat itu hanya menerima gaji Rp 125.000 per bulannya dan tinggal di sebuah balai Desa yang satu kamarnya diisi sembilan orang.

Amran berpesan kepada seluruh PPL dan peserta yang hadir agar jangan memakan atau mengambil hak orang lain apalagi rakyat, dan jangan pernah memfitnah atau menciptakan keburukan bagi saudaramu.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kedatangan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman di Bumi Konawe.

“Mewakili pemerintah daerah Kabupaten Konawe, kami ucapkan selamat datang kepada Pak Menteri,” ujar Harmin Ramba.

Harmin Ramba menerangkan, Mentan RI Andi Amran Sulaiman selama kurang lebih 28 tahun berkarir di Kabupaten Konawe, jadi kedatangannya kali ini sama halnya pulang kampung.

"Pak Menteri pulang kampung, kami berkeyakinan kedatangan Pak Menteri dapat menyerap dan melihat langsung potensi pertanian di Kabupaten Konawe dan memberikan kesejahteraan bagi penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Konawe, Indonesia umumnya,” bebernya.

Untuk diketahui, dalam kunjungan kerjanya kali ini, Mentan memberikan sejumlah bantuan berupa bibit padi, pupuk, bantuan traktor sebanyak 5 unit, traktor roda dua 20 unit, combine 5 unit, KTP untuk pengganti Kartu Tani. Bantuan tersebut tidak serta merta diberikan ke Kabupaten Konawe, namun Amran Sulaiman telah melaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo dan Presiden RI memberi apresiasi atas kinerja Menteri Pertanian bersama jajarannya.

Baca Juga: Menteri Pertanian Tiba di Kendari Membawa Kabar Gembira Bagi Petani

Amran Sulaiman juga menyerahkan secara simbolis bantuan bibit padi untuk 3.000 Hektare (Ha), jagung untuk 1.000 Ha dan kopi untuk 100 Ha kepada kelompok-kelompok tani di Kabupaten Konawe, dilanjutkan dengan foto bersama

Setelah itu, Amran Sulaiman juga memberikan bantuan benih dan jagung sebesar Rp 20,47 miliar se-Sulawesi Tenggara yang diserahkan secara simbolis kepada Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara yang mewakili Pj. Gubernur.

Dalam kunjungannya kali ini, Mentan Amran didampingi sejumlah Dirjen, Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara Asrun Lio, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, Bupati Konawe Utara Ruksamin, Danrem 143 Halu Oleo Kendari, Wakil Asisten Teritorial Mabes TNI, Mabes Polri, Danlanud Kendari, perwakilan Kapolda Sultra dan perwakilan Kajari Konawe.

Jajaran Eselon I Kementan RI, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Sulawesi Tenggara, Kadis Kominfo, Kadis Perkebunan dan Holtikultura, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Dukcapil, Kadis Koperasi dan UMKM, Kadis Kehutanan, Karo Pembangunan, Kapolres Konawe, Kepala Bulog Sultra, Danramil Konawe, BPS Konawe, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan tokoh masyarakat Kabupaten Konawe. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga