Merasa Dilecehkan, DPC Demokrat Muna Usulkan Surat Tugas Bachrun Labuta Dievaluasi

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 05 Juni 2024
0 dilihat
Merasa Dilecehkan, DPC Demokrat Muna Usulkan Surat Tugas Bachrun Labuta Dievaluasi
Ketua Bappilu DPC Demokrat Muna, Cahwan bersama Ketua DPC, Awal Jaya Bolombo dan kader. Foto: Ist.

" Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Muna merasa dilecehkan oleh bakal calon (Balon) Bupati Muna, Bachrun Labuta "

MUNA, TELISIK.ID - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Muna merasa dilecehkan oleh bakal calon (Balon) Bupati Muna, Bachrun Labuta.

Betapa tidak, baru dua hari mendapatkan surat tugas dari DPP Demokrat untuk berpasangan dengan kader partai, Awal Jaya Bolombo (AJB), Bachrun malah membeberkan bahwa komitmen tetap akan berpasangan dengan figur lain yakni, La Ode Asrafil Ndoasa.

Pernyataan tersebut sontak memancing reaksi dari Ketua Bappilu DPC Demokrat Muna, Cahwan.

Wakil Ketua DPRD Muna itu berpandangan bahwa Bachrun Labuta sama sekali tidak mematuhi apa yang menjadi keputusan DPP. Sedangkan, dalam permohonannya untuk mendapat surat tugas, Bachrun menyatakan siap mematuhi apa yang menjadi keputusan DPP. Namun begitu surat tugas ada, malah terkesan diabaikan.

Baca Juga: Besok Plt Bupati Muna Lantik Pejabat Esalon II

"Sangat kita sayangkanlah, karena keputusan DPP sudah dilecehkan," kata Cahwan, Rabu (5/6/2024).

Atas sikap Bachrun itu, DPC akan berkoordinasi dengan DPD Demokrat Sulawesi Tenggara untuk mengusulkan ke DPP agar surat tugas Bachrun itu dievaluasi dan tidak diperpanjang.

"Kita akan rapat internal. Hasilnya, kami akan minta DPP untuk mengevaluasi surat tugas itu. Karena, kami merasa Demokrat telah dilecehkan dan dianggap sebagai pelampung saja," tegas Cahwan.

Mantan wakil ketua DPRD Muna Barat itu, tak mempersoalkan bila Bachrun memilih Asrafil ketimbang AJB. Namun, harusnya Bachrun menghargai apa yang menjadi keputusan DPP.

Kata dia, DPP merekomendasikan AJB, karena dianggap layak sebagai balon wakil bupati yang berasal dari kader.

Baca Juga: Kemendagri Belum Keluarkan SK Pemberhentian Bupati Muna Non Aktif Rusman Emba

"Untuk menghargai surat tugas, harusnya Bachrun melakukan survei lebih dulu. Bukannya langsung memaksakan untuk berpasangan dengan figur lain," terangnya.

Sementara itu, Liaison Officer (LO) Bachrun Labuta, Yayat Hadia mengaku, hal tersebut hanya kesalahpemahaman saja. Kata dia, Bachrun sangat menghargai lima partai politik (Parpol) yang didaftar. Apalagi Demokrat, yang merupakan partai pertama yang memberikan surat tugas sangat diapresiasi setinggi-tingginya.

"Tidak seperti itu (mau melecehkan). Pak Bachrun sangat menghargai partai yang didaftar. Bahkan, Demokrat sangat diapresiasi karena partai pertama yang memberikan surat tugas," terangnya.

Soal Balon wakil, Bachrun mengakomodir seluruh nama-nama yang diusulkan parpol yang didaftar. Karena nantinya semua akan dibicarakan bersama yang mengacu pada hasil survei. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga