Mitigasi Bencana dalam Kota, Wali Kota Kendari Ikut Workshop

Aris Mantobua, telisik indonesia
Kamis, 14 Juli 2022
0 dilihat
Mitigasi Bencana dalam Kota, Wali Kota Kendari Ikut Workshop
Mitigasi bencana dalam kota, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengikuti Workshop Pengurangan Resiko Bencana yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Palu. Foto: Ist

" Kegiatan tersebut mampu memberikan dan meningkatkan pemahaman atas seluk beluk kebencanaan, "

KENDARI, TELISIK.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengikuti kegiatan Workshop Pengurangan Resiko Bencana yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Palu bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah VI (Sulawesi, Maluku, Papua).

Mengusung tema "Mitigasi dan Sinergitas Dalam Mengurangi Resiko Bencana" kegiatan tersebut dihadiri sejumlah Wali Kota di kawasan Indonesia Timur, yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, mulai 13 Juni hingga 15 Juli 2022.

Sulkarnain Kadir mengatakan, kegiatan workshop ini sangat berguna bagi kesiapan Kota Kendari dalam mengurangi resiko bencana. Kegiatan tersebut mampu memberikan dan meningkatkan pemahaman atas seluk beluk kebencanaan, dan meningkatkan kesiapan kota-kota yang tergabung dalam APEKSI Komwil VI dalam mengurangi resiko bencana.

"Banyak hal yang kami bahas dalam pertemuan ini, salah satunya merumuskan langkah-langkah strategis dalam upaya mitigasi bencana, dan yang terpenting memperluas sinergi antar kota anggota APEKSI Komwil VI dalam mengurangi resiko Bencana," kata Sulkarnain Kadir, Kamis (14/7/2022).

Kegiatan Workshop Pengurangan Resiko Bencana dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya Tiga Stanza, kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan dari kebencanaan dari sejumlah pemateri.

Baca Juga: Warga di Kendari Sukses Manfaatkan Pekarangan Rumah Jadi Lahan Produktif

Direktur Strategi Penanggulangan Bencana, Agus Wibowo dalam pemaparannya menyampaikan bahwa 98 persen bencana yang sering terjadi di Indonesia seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, puting beliung dan trend bencana dari tahun ketahun naik.

"Bencana adalah peristiwa yang sering berulang dan alami, dan seluruh wilayah di Indonesia rawan bencana. Kami juga memaparkan materi tentang manajemen kebencanaan - peta kebencanaan, sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana," terang Agus Wibowo dalam pemaparannya sebagai keynote speaker mewakili Kepala BNPB.

Baca Juga: BKKBN Sultra Verivali Data Keluarga Resiko Stunting di Muna Barat

Kegiatan workshop hari ini akan berlangsung dengan pemaparan materi oleh Direktur Strategi Penanggulangan Bencana, Agus Wibowo, dan beberapa materi presentase akan disampaikan oleh:

Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Palu dengan judul materi Paradigma Pengelolaan Bencana di Indonesia, Wali Kota Palu dengan judul materi Recovery Palu Pasca Bencana.

Kemudian Sesi Brainstorming dengan judul materi Mitigasi dan Sinergitas dalam Mengurangi Risiko Bencana, yang akan disampaikan oleh, Kalaksana BPBD Kota Palu. (B-Adv)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Musdar

Baca Juga