Mobil Listrik Rimac Nevera Pecahkan Rekor Dunia Ngebut Mundur 275 Km/Jam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 09 November 2023
0 dilihat
Mobil Listrik Rimac Nevera Pecahkan Rekor Dunia Ngebut Mundur 275 Km/Jam
Nevera adalah salah satu hypercar listrik paling cepat dan paling canggih di dunia. Mobil ini membuktikan bahwa mobil listrik tidak hanya mampu berlari kencang, tetapi juga memiliki performa yang luar biasa. Foto: Repro Viva.co.id

" Rekor terbaru mobil melaju mundur dicatatkan Goran Drndak dari Kroasia yang mencapai kecepatan 275,74 km/jam sambil mengendarai mobil listrik Rimac Nevera "

KENDARI, TELISIK.ID - Rekor terbaru mobil melaju mundur dicatatkan Goran Drndak dari Kroasia yang mencapai kecepatan 275,74 km/jam sambil mengendarai mobil listrik Rimac Nevera.

Rekor yang tak tergoyahkan selama 22 tahun itu sebelumnya dipegang Darren Manning asal Inggris menggunakan Caterham 7 Fireblade pada 2001. Kala itu Manning mencatatkan kecepatan 165,08 km/jam. Rekor ini dicatatkan di fasilitas Automotive Testing Papenburg di Jerman, pada tanggal 2 November 2023 lalu.

"Pada putaran itu, saya harus membiasakan diri. Saya melihat pemandangan yang berlalu semakin cepat dari belakang, merasakan leher saya tertarik ke depan hampir seperti sensasi yang biasanya saya dapatkan saat mengerem dengan keras," kata Goran Drndak, dikutip dari Viva.co.id.

Nevera yang dikendarai Goran Drndak adalah hypercar listrik yang dirancang dan dibuat produsen otomotif Kroasia, Rimac Automobili.

Keempat rodanya masing-masing digerakkan secara independen oleh motor elektrik sehingga menghasilkan total 1.914 tenaga kuda dan kecepatan tertingginya 412 km/jam (256 mph).

Baca Juga: Wuling Bakal Luncurkan Mobil Listrik Baru, Ini Spesifikasinya

Mobil ini disebut hanya membutuhkan waktu 1,74 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam, ini adalah salah satu mobil tercepat yang pernah dibuat.

Selain itu, set roda depan dan belakang masing-masing memiliki gearbox kecepatan tunggal, memungkinkan torsi penuh untuk diterapkan di kiri atau kanan setiap as roda.

"Itu adalah sebuah pameran (tentang) apa yang dapat dilakukan dengan empat motor listrik independen, dan itu juga merupakan tes yang menyenangkan untuk kami lakukan," kata Goran Drndak setelah mencapai rekor tersebut, dilansir dari Cnnindonesia.com.

Baca Juga: Toyota Agya vs Daihatsu Ayla: Harga dan Performa

Nevera yang baru mencatatkan rekor ini diproduksi dalam jumlah terbatas, yakni hanya 150 unit. Mobil ini diproduksi sekitar satu unit per minggu dengan harganya mulai dari €2 juta atau sekitar Rp 33 miliar.

Nevera adalah salah satu hypercar listrik paling cepat dan paling canggih di dunia. Mobil ini membuktikan bahwa mobil listrik tidak hanya mampu berlari kencang, tetapi juga memiliki performa yang luar biasa.

Mobil ini menghasilkan total tenaga 1.914 tenaga kuda dan torsi 3.200 Newton meter. Mobil ini mampu berakselerasi dari nol hingga kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu 1,85 detik, dan mencapai kecepatan tertinggi 412 km per jam. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga