Wuling Bakal Luncurkan Mobil Listrik Baru, Ini Spesifikasinya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 07 November 2023
0 dilihat
Wuling Bakal Luncurkan Mobil Listrik Baru, Ini Spesifikasinya
Wuling Cloud EV memiliki jarak tempuh hingga 305 kilometer dalam sekali pengisian daya. Foto: Repro Sekbernews.id

" Wuling dikenal sebagai salah satu produsen mobil listrik yang produknya laris di Indonesia. Tahun ini Wuling dikabarkan bakal meluncurkan mobil listrik model baru setelah Air Ev "

KENDARI, TELISIK.ID - Wuling dikenal sebagai salah satu produsen mobil listrik yang produknya sudah banyak laris di Indonesia. Tahun ini Wuling dikabarkan bakal meluncurkan mobil listrik model baru setelah Air Ev.

Dikutip dari Viva.co.id, meski sampai saat ini pihak Wuling Motors belum mengungkapkan informasi detailnya, namun perusahaan tersebut sudah pernah menghadirkan salah satu model baru yang sebelumnya telah dipasarkan di negara asalnya, China.

Mobil listrik yang dimaksud adalah Wuling Bingo, yang memiliki dimensi lebih besar dari Air Ev. Kendaraan yang masuk ke dalam segmen hatchback itu bisa menempuh jarak hingga 410 kilometer dalam satu kali cas.

Namun, belum lama ini Wuling Motors juga mendaftarkan model lain yang mirip dengan Wuling Cloud EV, di Direktorat dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Wuling Cloud EV sebenarnya sudah dipasarkan di China pada 11 Agustus 2023 lalu. Mobil ini dibekali dengan motor listrik berkekuatan 55 kW atau setara dengan 74,5 daya kuda. Motor listrik tersebut dipadukan dengan baterai lithium-ion berdaya 27,2 kWh.

Baca Juga: Wuling EV Mobil Listrik Termurah Masuk Indonesia

Wuling Cloud EV memiliki jarak tempuh hingga 305 kilometer dalam sekali pengisian daya. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan dan kenyamanan yang lengkap, seperti rem ABS, EBD, dual airbag, dan sistem infotainment dengan layar sentuh 10,25 inci.

Dikutip dari Cnnindonesia.com, nama Wuling Cloud EV pertama kali didaftarkan sebagai merek pada 15 September 2023. Dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham terdapat beberapa informasi terkait mobil listrik tersebut, salah satunya kode untuk barang yang didaftarkan yaitu kode 12.

Kode 12 sendiri merujuk pada kendaraan. Dalam data tersebut juga terdapat informasi mengenai pemilik merek, yakni SAIC-GM-WULING AUTOMOBILE CO., LTD. Perusahaan ini adalah induk SGMW Motor Indonesia, produsen mobil Wuling di dalam negeri.

Wuling Cloud EV memiliki perawakan lebih besar dari Wuling Air Ev yang berbadan mungil. Mobil ini berukuran 4.295 mm x 1.850 mm xx 1.652 mm, dengan wheelbase 2.700 mm. Semua model dilengkapi motor yang menghasilkan tenaga 100 kW dan 200 Nm.

Dengan pengisian daya cepat, baterai Cloud EV dapat terisi dari 30 persen ke 80 persen selama 30 menit. Dari segi tampilan Cloud EV mengadopsi desain bertumpuk, mirip awan di langit.

Elemen desain yang menonjol di antaranya atap yang tanggung dan gagang pintu tersembunyi. Sunroof dengan panjang 2 meter juga cukup mencolok dan bisa menghadirkan banyak cahaya alami.

Baca Juga: Ini Mobil Sport Termahal di Dunia

Di bagian belakang, spoiler ducktail di bagian atas menambah kesan sporty. Sementara pada bagian bawah, mobil ini menggunakan velg aluminium 18 inci. Di kokpit Cloud EV memiliki interior dua warna yang dilengkapi dengan panel instrumen LCD persegi panjang berukuran 8,8 inci dan layar kontrol pusat mengambang berukuran 15,6 inci.

Cloud EV juga merupakan model pertama yang dilengkapi dengan sistem LingOS 2.0. Konfigurasi standar lainnya adalah pengenalan atau interaksi suara, kendali jarak jauh melalui aplikasi, kendali jelajah adaptif, dan sistem audio 6 speaker.

Mobil ini juga menyediakan konfigurasi canggih termasuk lampu ambient 256 warna, pengisian daya nirkabel, dan bak belakang elektrik. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga