MPR Minta Kemenkes dan Pemda Percepat Insentif Para Tenaga Kesehatan COVID-19

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Kamis, 04 Juni 2020
0 dilihat
MPR Minta Kemenkes dan Pemda Percepat Insentif Para Tenaga Kesehatan COVID-19
Ketua MPR, Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

" Mengingat banyaknya persyaratan yang harus dilengkapi, serta prosedur pencairan yang selektif yang membuat proses pencairan menjadi agak terhambat. "

JAKARTA, TELISIK.ID- Pemberian insentif bagi tenaga kesehatan (Nakes) yang menangani pasien COVID-19 masih ditunggu banyak pihak, sehingga  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Pemerintah Daerah (Pemda) perlu segera merampungkan verifikasi terhadap sejumlah rumah sakit dan unit pelaksana teknis di pusat yang melakukan penanganan COVID-19.

"Kemenkes dan Pemda mempercepat proses verifikasi dan identifikasi tenaga kesehatan, baik di pusat maupun daerah agar insentif dapat segera cair, dan bisa segera dibagikan kepada para Nakes yang berhak mendapat insentif," kata Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo lewat keterangan persnya yang diterima Telisik.id di Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Selain Kemenkes dan Pemda Provinsi, Pemerintah di Kabupaten/Kota yang belum mengusulkan daftar nama para Nakes, yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan insentif.

Baca juga: Sudjarwadi: New Normal Upaya Menyelamatkan Hidup Warga

"Perlu dibantu oleh berbagai rumah sakit yang melaksanakan penanganan COVID-19, agar segera memproses dengan mengajukan dan melengkapi dokumen/persyaratan yang telah ditentukan oleh Kemenkes, sehingga daftar nama para Nakes dapat segera diproses dan diverifikasi oleh Kemenkes," ucapnya.

Mentan Ketua DPR-RI ini juga mendorong Kemenkes dapat menyederhanakan, dan mempermudah proses pencairan insentif bagi Nakes yang bertugas menangani pasien COVID-19. Pasalnya, pengurusan insentif dengan jumlah yang banyak ini akan sedikit rumit terkait dengan banyaknya persyaratan.

"Mengingat banyaknya persyaratan yang harus dilengkapi, serta prosedur pencairan yang selektif yang membuat proses pencairan menjadi agak terhambat," jelasnya.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Sumarlin

Baca Juga