Negara Ini Gunakan Tupai Deteksi Narkoba

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 14 Februari 2023
0 dilihat
Negara Ini Gunakan Tupai Deteksi Narkoba
Brigade Anjing Polisi dari Detasemen Polisi Kriminal di Distrik Hechuan, Chongqing, China Barat Daya telah mulai menggunakan tupai yang terlatih khusus untuk mendeteksi penyelundupan narkoba. Foto: Repro Harianjogja.com

" Para ilmuwan telah mengetahui sejak lama bahwa indra penciuman tupai tajam. Meski demikian, metode pelatihan hewan pengerat tampaknya belum cukup maju sampai sekarang "

CHONGQING, TELISIK.ID - Anjing pelacak biasanya digunakan untuk mendetekai narkoba karena memiliki kemampuan pelacakan untuk menemukan narkotika dengan cara mencari bau narkotika.

Namun, berbeda dengan negara China, Brigade Anjing Polisi dari Detasemen Polisi Kriminal di Distrik Hechuan, Chongqing, China Barat Daya telah mulai menggunakan tupai yang terlatih khusus untuk mendeteksi penyelundupan narkoba dan aktivitas perdagangan di kota itu seperti dilansir dari Sindonews.com.

Melansir Harianjogja.com, terobosan tersebut merupakan bagian dari proyek penelitian dan pengembangan nasional negara tersebut terkait penciptaan metode pelatihan baru untuk hewan anti-narkoba.

Rupanya, para ilmuwan telah mengetahui sejak lama bahwa indra penciuman tupai tajam. Meski demikian, metode pelatihan hewan pengerat tampaknya belum cukup maju sampai sekarang.

Baca Juga: Ini Kabar Terbaru Tesla Roadster Milik Elon Musk Setelah 5 Tahun di Luar Angkasa

Belum lama ini dilaporkan bahwa Brigade Anjing Polisi Distrik Hechuan telah berhasil melatih enam tupai pendeteksi narkoba yang akan segera mulai bekerja bersama polisi untuk membantu mereka menemukan zat terlarang yang tersembunyi.

Yin Jin, pelatih kepala brigade anjing polisi Hechuan, mengatakan bahwa dia dan timnya berhasil melatih enam tupai menggunakan teknologi dan metode pelatihan yang dikembangkan secara internal.

Baca Juga: Ilmuwan Luncurkan Proyek Hidupkan Hewan Punah

Hewan pengerat tersebut dilatih untuk menggaruk tempat dimana mereka bakal mendeteksi aroma narkoba. Tupai didorong untuk mencari zat terlarang di lingkungan yang kompleks seperti gudang atau stasiun pengiriman.

Pengujian menunjukkan bahwa tupai tidak hanya se-efisien anjing pelacak dalam mendeteksi obat-obatan. Akan tetapi, mereka juga memiliki kelebihan lain seperti ukurannya lebih kecil, bergerak lebih cepat, dan kemampuan untuk mencapai tempat tinggi yang tidak pernah bisa diperiksa oleh anjing. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga